Kenali Perbedaan Motor Kopling Basah dan Kopling Kering

Kompas.com - 24/02/2020, 08:02 WIB
Ilustrasi tuas kopling motor Stanly/OtomaniaIlustrasi tuas kopling motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiap produsen sepeda motor memiliki desain atau struktur mesin yang berbeda. Termasuk pemilihan jenis koplingnya. Ada dua jenis kopling yang umumnya digunakan pada motor, yakni basah dan kering.

Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Karawang, mengatakan, kopling basah dan kopling kering memiliki perbedaan yang signifikan.

Baca juga: Bahas Kelebihan Spion Pintar di SUV Murah Suzuki XL7

"Untuk kopling basah, bagian kopling terlumasi oleh oli mesin. Sedangkan kopling kering, tidak terlumasi," ujar Herman, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Kopling kering tidak terendam pelumas mesin.onlythefew.wordpress.com Kopling kering tidak terendam pelumas mesin.

Kopling basah dinilai memiliki daya tahan yang cukup lama. Maka itu, banyak digunakan oleh sebagian besar motor. Selain itu, ciri motor dengan kopling basah bisa didengar dari suaranya.

Kopling yang terendam oli membuat kopling tidak mengeluarkan suara kasar atau berisik saat mesin sedang bekerja. Berbeda dengan kopling kering yang suaranya cenderung kasar.

Baca juga: Apa Benar Panther Sudah Stop Produksi? Ini Jawaban Isuzu

Di Indonesia, penggunaan kopling kering banyak digunakan pada jenis motor matik atau skutik. Beda jenis kopling, beda juga spesifikasi oli yang digunakan.

"Untuk oli mesin pun dibedakan untuk tipe kopling kering dan kopling basah. Kopling kering menggunakan oli mesin dengan spesifikasi JASO MB. Sedangkan untuk kopling basah, menggunakan oli berspesifikasi JASO MA," kata Herman.

Herman menambahkan, untuk spesifikasinya, bisa dilihat pada tiap kemasan atau botol oli.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X