Daftar Motor Baru yang Bisa Dijadikan Investasi

Kompas.com - 20/02/2020, 06:51 WIB
Honda Monkey meluncur di GIIAS 2019 Gilang Satria/Kompas.comHonda Monkey meluncur di GIIAS 2019
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor klasik bisa berharga sangat tinggi. Tak heran banyak yang menjadikannya sebagai objek investasi. Namun kalau niatnya untuk menjaga barang, tak melulu harus motor klasik.

Motor baru pun bisa jadi investasi. Hanya saja memang perlu pembuktian, dan pembuktiannya tidak mudah karena membutuhkan kejelian pemilik memilih motor, serta waktu yang tidak sedikit.

Baca juga: Investasi Motor Tua bagi Pemula, Beli Jadi Saja ketimbang Rakit Sendiri

Biasanya ada acuan apakah motor baru bisa jadi investasi atau tidak. Pertama, yakni populasi yang tidak terlalu banyak tapi banyak peminatnya. Hal ini akan membuat permintaan tinggi tapi stok yang ada terbatas.

Kedua, model special edition seperti edisi ulang tahun atau edisi terbatas karena punya fitur khusus yang tidak ada di varian standar. Ketiga biasanya karena harga barunya memang mahal seperti motor gede (moge).

Berikut daftar motor yang bisa menjadi investasi:

Honda Super Cub C125 di GIIAS 2018STANLY RAVEL Honda Super Cub C125 di GIIAS 2018

1. Honda Super Cub C125

Honda Super Cub C125 pertama kali meluncur di ajang GIIAS 2018 lalu. Waktu itu bebek reinkarnasi dari C125 tersebut dibanderol Rp 55 juta on the road (OTR) Jakarta.

Berstatus sebagai bebek termahal di Indonesia, tak disangka peninatnya membludak. Pemesan harus menunggu lama agar motor sampai ke garasi.

Sejalan dengan itu banderolnya pun ikut meningkat. Pada Februari 2020 harganya melonjak Rp 4 jutaan, menjadi Rp 64,2 juta. Hitungan kasarnya harga Super Cub C125 naik hampir Rp 10 juta dalam kurun dua tahun.

"Indennya cukup banyak dan baru bisa ada delivery sekitar kuartal tiga (paling cepat Juli) 2020," kata Ahmad Muhibuddin, General Manager Corporate Comunications PT Astra Honda Motor (AHM), kepada Kompas.com.

Baca juga: Perhatikan Ini jika Ingin Restorasi Motor Tua

Honda Monkey di GIIAS 2019Kompas.com / Setyo Adi Honda Monkey di GIIAS 2019

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X