Sensasi di Balik Kemudi Kia Rio Facelift

Kompas.com - 19/02/2020, 10:13 WIB
Kia Rio KOMPAS.com/SETYO ADIKia Rio
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selesai membahas eksterior dan interior, saatnya menguji sensasi berkendara dan merasakan tenaga yang ditawarkan hatchback asal Korea Selatan, Kia Rio.

Beda dengan rival di kelasnya, Kia hanya membekali Rio dengan mesin berkubikasi 1.348 cc. Alhasil, tenaga yang diproduksi juga terkesan tanggung, yakni 98,5 tk pada 6.000 rpm serta torsi 133,3 Nm.

Tanpa menunggu lama, setelah mendapatkan posisi ideal di balik kemudi, Kompas.com langsung mengajak hatchback asal negeri ginseng ini berjalan menelusuri beberapa wilayah di Jakarta.

Baca juga: Kupas Fitur pada Interior Kia Rio Facelift

Kemacetan menjadi salah satu lokasi yang dipilih untuk dilintasi. Tujuanya lebih untuk merasakan sisi resposif dari putaran bawah ketika dihadapkan dalam kondisi stop n go.

Kia RioKOMPAS.com/SETYO ADI Kia Rio

Meski terkesan minim daya, tapi saat mengajak Rio melintasi kepadatan lalu lintas di Jakarta, sensasinya masih terbilang nyaman. Suplai tenaga ke roda penggerak depan berjalan dengan baik sehingga pada putaran bawah tak ada masalah.

Beralih ke jalan Tol Dalam Kota, saat mendapatkan momen jalan yang lenggang, pedal gas sedikit dinjak lebih dalam untuk merasakan putaran tenaga atasnya.

Baca juga: Kia Rio Facelift Kini Lebih Kaya Fitur

Kia RioKOMPAS.com/SETYO ADI Kia Rio

Respon tenaganya memang tak begitu sigap yang membuatnya terkesan lemah di putaran tengah. Namun ketika sudah berada di rpm 6.000, tenaganya baru terasa.

Sistem transmisi enam percepatan otomatisnya pun tak kalah menyajikan perpindahan gigi yang yang halus tanpa hentakan.

Secara keseluruhan, meski memiliki kubikasi mesin yang lebih kecil dari kompetitor, namun sebenarnya Kia Rio tergolong nyaman untuk dikendarai. Apalagi dengan handling yang cukup baik saat mengajaknya bermanuver.

Baca juga: Sensasi Singkat Geber Mesin Turbo Kia Seltos

Kia RioKOMPAS.com/SETYO ADI Kia Rio

Hal ini tentu tak lepas berkat adanya Motor Driven Power Steering (MPDS). Fitur ini diklaim mampu mendeteksi kecepatan juga mengimbangkan bobot yang pas pada kemudi saat bermanuver.

Belum lagi pada kaki-kaki yang telah dibekali pelek berdimensi 17 inci, lengkap dengan ban bertapak lebar. Dikolaborasikan dengan ground clearance yang rendah, Rio masih sanggup menawarkan kelincahan sebagai sebuah hatchback.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X