Kupas Fitur pada Interior Kia Rio Facelift

Kompas.com - 18/02/2020, 09:02 WIB
interio Kia Rio KOMPAS.com/SETYO ADIinterio Kia Rio
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Di bawah naungan distributor baru, PT Kreta Indo Artha, Kia Motors mencoba mereposisi merek di pasar. Salah satunya dengan menghadirkan hatchback andalan, Rio facelift, tapi dengan bekalan fitur yang lebih lengkap, berbeda dari model sebelumnya.

Kali ini, kita akan mengulik bagian interior Kia Rio facelift. Tapi jangan kaget, karena bila bicara soal desain sebenarnya tak banyak yang berubah dari model sebelumnya, mengingat sifatnya hanya pembaruan saja.

Nuansa gelap masih menjadi andalah hatchback asal Korea Selatan ini yang dipadukan dengan kelir silver di beberapa bagian. Mulai dari dasbord, door trim, lingkar kemudi, sampai knob transmisi.

Sekilan memang unsur kebaruan pada kabin tergolong minim, namun bukan berarti tak ada perubahan. Walau layout dasbor masih tetap sama, tapi kini sudah dipoles ulang dengan adanya nuansa warna piano black pada bagian ventilasi pendingin udara yang memiliki tampilan layar digital.

Baca juga: Kenapa Harga Mobil Kia Kini Lebih Mahal?

Interior Kia RioKOMPAS.com/SETYO ADI Interior Kia Rio

Bersatus completely built up alias CBU asal Korea Selatan, sistem heater pun masih tetap diadopsi. Sementara untuk lapisan seluruh jok, masih dibungkus material fabric yang dipermanis dengan detail jahitan putih.

Dengan banderol harga mencapai Rp 271,7 juta hingga Rp 286,5 juta, memang fitur pada kenyamanan interior  yang ditawarkan Kia Rio ini terasa minim, tapi sudah ditopang karena sunroof. Sementara, untuk pengaturan jok masih harus dilakukan secara manual.

Untuk perangkat hiburan, Kia Rio sudah dibekali dengan head unit layar sentuh 7 inci. Mulai dari Apple Car Play dan Android Auto sudah menjadi bawaan standar, kualitas suara juga masih dalam kategori aman, berkat penyematan empat speaker dan dua tweeter.

Kia RioKOMPAS.com/SETYO ADI Kia Rio

Pengendara tak perlu repot mengatur audio, pasalnya pada kemudi sudah tersedia tombol untuk mengakses perangkat hiburan dengan sentuhan jari. Termasuk sambungan ke ponsel.

Baca juga: KIA Siapkan Seltos Mesin Diesel untuk Indonesia

Bicara soal kelapangan, pada baris pertama tak perlu lagi diragukan. Baik dari leg room sampai headroom, terbilang cukup baik saat menampung penumpang dewasa.

Kia Rio juga memiliki sistem pengaturan kemudi yang sudah telescopic & tilt steering, sehingga pengendara bisa mengatur posisinya senyaman mungkin sebelum menempuh perjalanan.

Kia RioKOMPAS.com/SETYO ADI Kia Rio

Sayangnya, kenyamanan pada baris pertama tidak akan ditemui bagi penumpang dewasa di baris kedua. Bukan karena masalah ruang kaki yang kurang lapang, tapi kerena head room yang terasa cukup sempit, pada desain jok baris kedua sedikit dibuat lebih miring.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X