Kia Rio Facelift Kini Lebih Kaya Fitur

Kompas.com - 18/02/2020, 07:22 WIB
Kia Rio KOMPAS.com/SETYO ADIKia Rio
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Berlahan tapi pasti, nama Kia mulai muncul lagi sejak resmi digandeng Indomobil Group.

Bahkan di bawah PT Kreta Indo Artha ( KIA), merek asal Korea Selatan ini mencoba bangkit dengan produk yang sebelumnya sudah dipasarkan, namun dengan fitur yang lebih lengkap.

Artinya, KIA kini tak lagi memangkas fitur-fitur seperti dulu yang membuat jajaran produk relaitf minimalis. Salah satunya dibuktikan pada Kia Rio versi facelift yang sudah dipasarkan akhir 2019.

Baca juga: Sensasi Singkat Geber Mesin Turbo Kia Seltos

Walau tak banyak ubahan dari versi sebelumnya, tapi berkat adanya sentuhan baru, wajah hatchback negeri ginseng ini makin modis. Selain mendampat banyak fitur, beberapa desain lawas pun dirombak untuk mengejar unsur pembaruannya.

Kia RioKOMPAS.com/SETYO ADI Kia Rio

Tampilan depan kini dibuat lebih elegan dengan desain gril baru yang memiliki kelir piano black serta garis krom sebagai pemanis tiger nose yang menjadi ciri khasnya.

Sistem penerangan di lampu utama juga sudah mengadopsi projector LED dengan kemampuan Bi-Beam, termasuk untuk lampu kabutnya. Masuk ke bagian samping, secara keseluruhan memang tak banyak sentuhan baru, namun bukan berarti biasa saja.

Kalau melihat sektor kaki-kaki, kini Kia Rio tampil lebih padat berkat penggunaan pelek berdimensi 17 inci yang memiliki desain cukup sporty. Hal ini menjadi nilai plus tersendiri karena di segmenya, boleh dibilang hanya Rio yang menggunakan pelek berdimensi besar.

Keberadaan pelek yang dikolaborasikan dengan profil ban medium keluaran Continental ContiSportContanct tersebut juga ampuh mendongkrak sisis agresifnya. Tapi memang ground cleareance-nya jadi sedikit terlihat pendek, yakni hanya 150 mm.

Kia RioKOMPAS.com/SETYO ADI Kia Rio

Baca juga: Kenapa Harga Mobil Kia Kini Lebih Mahal?

Geser ke buritan belakang, sekilas nampak tak beda dengan versi sebelumnya, tapi bila diperhatikan model lampu belakang juga sudah serba LED. Bahkan untuk memudahkan membuka bagasi, Kia sudah menyediakan tombol elektrik yang cukup ditekan dengan satu jari.

Meski terlihat kalem, namun Kia juga sudah membekali Rio dengan fitur sunroof. Perangkat ini pun menjadi poin penting, karena di hatchback Indonesia, cuma Kia Rio yang memiliki sunroof dari pabrikan.

Kia RioKOMPAS.com/SETYO ADI Kia Rio

Namun sayang, untuk kisaran harga memang tak bisa dibilang kompetitif, karena saat melihat banderolnya, konsumen akan segera membandingkan dengan hatchback asal Jepang.

KIA menawarkan Rio facelift dalam satu varian yang memiliki dua pilihan transmisi. Untuk manual dipasarkan Rp 271,5 juta, sedangkan matik sebesar Rp 286,5 juta.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X