Baiknya Pilih MPV atau SUV untuk Mobil Keluarga?

Kompas.com - 18/02/2020, 07:42 WIB
Tampak belakang dari SUV Mazda CX-30 Motor1Tampak belakang dari SUV Mazda CX-30

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi mereka yang sudah berkeluarga dan punya anak, memiliki mobil pribadi yang nyaman merupakan impian. Dengan adanya mobil pribadi tentu akan memudahkan kegiatan bersama saat ingin berlibur atau sekadar menghabiskan waktu ke pusat perbelanjaan.

Banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih mobil keluarga, seperti kenyamanan kabin, spesifikasi, fitur, desain, jangan lupakan faktor harga, dan irit bahan bakar. Beberapa faktor ini bisa menentukan pilihan mobil keluarga seperti apa yang diinginkan.

Baca juga: Tidak Umumkan Recall Honda PCX ke Publik, Ini Kata AHM

Saat ini mobil berjenis Multi Purpose Vehicle ( MPV) dan Sport Utility Vehicle ( SUV) bisa dibilang  menjadi mobil keluarga favorit di Indonesia. Kedua jenis mobil ini, memiliki kabin yang luas dan ada pilihan konfigurasi tujuh penumpang, alias punya kapasitas besar.

Tak jarang juga, para pabrikan memanfaatkan platform sama untuk digunakan pada dua jenis mobil, membuat karakter keduanya jadi mirip-mirip.

Lalu mana yang lebih cocok untuk mobil keluarga, MVP atau SUV?

SUV memiliki bentuk bodi yang tangguh dan sporty, mobil jenis ini memiliki ground clearance yang tinggi yang memang ditunjukan untuk menembus berbagai medan, baik jalan raya dengan kontur halus atau jalan tanah dengan kontur berlubang dan rusak.

Ekspedisi Jejak Pendaki Semeru juga menjadi ajang pembuktian Xpander sebagai low MPV tangguh Kompas.com/Setyo Adi Ekspedisi Jejak Pendaki Semeru juga menjadi ajang pembuktian Xpander sebagai low MPV tangguh

Sementara MPV memiliki bodi yang lebih kecil, namun sensasi berkendara tidak sama dengan SUV yang siap disegala medan, tetapi soal kenyamanan dan harga lebih ramah konsumen.

Baca juga: Jenis Sepatu yang Paling Pas buat Mengemudi

“Tergantung preferensi masing-masing konsumen, baik SUV maupun MPV saat ini cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan. Ada yang merasa lebih nyaman dengan mobil yang lebih tinggi (SUV), tetapi tetap kebutuhannya untuk keluarga. Tidak ada batasan yang baku,” ujar Mohammad Farauk selaku General Manager Marketing Planning Division PT TAM kepada Kompas.com, Senin (17/02/2020)

Komentar berbeda diungkapkan oleh Yusak Billy selaku Direktur Inovasi Bisnis dan Penjualan Pemasaran HPM, “Mobil jenis SUV itu memiliki power yang lebih besar dan karakter yang lebih sporty, sementara untuk keluarga lebih sesuai dengan karakter MPV (yang kalem) karena fokus ke fungsional dan kenyamanan,” ujar Billy.

Sebenarnya baik SUV maupun MPV bisa berperan sebagai mobil keluarga, keduanya memiliki kelebihan masing-masing.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X