[POPULER OTOMOTIF] Biaya Resmi Bikin SIM | AHM Diam-diam Recall PCX pada 2019

Kompas.com - 18/02/2020, 06:02 WIB
Cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM  polri.go.idCara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang ingin membuat dan memperpanjang masa berlaku surat izin mengemudi ( SIM), wajib tahu berapa biaya resmi yang sudah ditentukan oleh Polri. Informasi ini menjadi terpopuler, karena banyak dibaca.

Selain itu, yang tidak kalah menariknya lagi soal Astra Honda Motor ( AHM) diam-diam melakukan recall Honda PCX pada 2019. Jumlahnya tak sedikit, karena hampir menyentuh 4.000 unit.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Senin 17 Februari 2020:

Smart SIM KOMPAS.com/Gilang Smart SIM

1. Ini Biaya Resmi Bikin Baru dan Perpanjang SIM

Terhitung mulai 22 September 2019, Surat Izin Mengemudi ( SIM) berganti dengan SIM Pintar alias Smart SIM, keunggulan SIM jenis ini menyimpan data forensik hingga menjadi uang elektronik.

Cara membuat Smart SIM pun tidak berbeda dari SIM biasa yang saat ini masih berlaku. Bedanya, pemohon tidak perlu mengantre lama karena alur pembuatan Smart SIM diklaim lebih cepat.

Sedangkan untuk tarif masih sama seperti pembuatan SIM terdahulu. Tidak ada perubahan biaya sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016.

Seperti diketahui, pada PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, biaya membuat SIM dibagi beberapa jenis.

Peluncuran Honda PCX 150 di Mal Ciputra, Grogol, Sabtu (10/3/2018).KOMPAS.com / Aditya Maulana Peluncuran Honda PCX 150 di Mal Ciputra, Grogol, Sabtu (10/3/2018).

2. Diam-diam AHM Recall Honda PCX pada 2019

PT Astra Honda Motor ( AHM) selaku produsen sekaligus agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor Honda di Indonesia ternyata diam-diam melakukan kampanye perbaikan massal alias recall terhadap 3.930 unit PCX 150 pada 2019.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X