Perilaku yang Mengurangi Usia Kampas Kopling Motor Matik

Kompas.com - 13/02/2020, 11:02 WIB
Handling Honda All New PCX yang kini seperti naik skutik kecil. F Yosi for Kompas.comHandling Honda All New PCX yang kini seperti naik skutik kecil.

JAKARTA, KOMPAS.com – Skuter matik ( skutik) tetap menggunakan kopling untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Kalau kampas kopling matik mulai aus, tenaga yang disalurkan akan kurang maksimal dan jika dibiarkan bisa menjadi masalah.

Kampas kopling ganda pada skutik alias motor matik memiliki umur pakai. Kalau pemakaian normal, biasanya antara 24.000 km sampai 35.000 km sudah aus dan harus diganti kampasnya.

Namun, ada kondisi tertentu yang disebabkan oleh pengendara yang bisa mempercepat keausan dari kampas kopling skutik.

Gofur, kepala mekanik Astra Motor Center Jakarta di Jalan Dewi Sartika, mengatakan, kalau pengendara sering menggantung rem belakang, pemakaian kampas kopling pada motor matik bisa lebih cepat aus.

Baca juga: Kesalahan Pengemudi yang Bikin Transmisi Matik Cepat Jebol

kampas kopling gandaKompas.com/Fathan Radityasani kampas kopling ganda

“Menggantung rem itu ketika berkendara, rem belakang ditekan terus setengah, tanpa sadar, sambil motor jalan. Perilaku yang seperti itu bisa mengurangi umur dari kampas kopling lebih cepat,” ucap Gofur kepada Kompas.com, Rabu (12/2/2020).

“Logikanya motor digas tetapi ditahan, jadi kampas koplingnya selip, otomatis lebih cepat aus,” tambah Gofur.

Mengingat fungsi kopling yang penting saat berkendara, lebih baik tidak menggantung rem belakang ketika motor digas.

Untuk harga suku cadang kampas kopling ganda skutik sendiri, mulai dari Rp100.000-an sampai Rp400.000-an, tergantung dari tipe motornya dan belum termasuk biaya pemasangan.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X