Ternyata Bisa Ganti Airbag Mobil Selain Ke Bengkel Resmi

Kompas.com - 13/02/2020, 09:42 WIB
Airbag untuk penumpang depan pada All-New Yaris. Febri ArdaniAirbag untuk penumpang depan pada All-New Yaris.

JAKARTA, KOMPAS.comAirbag merupakan alat keselamatan yang bisa mengurangi risiko cedera pada pengemudi dan penumpang ketika terjadi kecelakaan. Setelah airbag mengembang, tidak bisa digunakan kembali, harus mengganti dengan yang baru.

Untuk pemilik kendaraan yang ingin lebih cepat dan murah ketika mengganti perangkat airbag, bisa mengunjungi toko aksesoris yang menjual satu paket penggantian. Salah satu toko yang mengaku bisa melakukan penggatian airbag yaitu Spec Rare Item di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Kalau airbag itu sepaket belinya dari yang di setir, dasbor, seat belt kanan kiri, dan setting sensor speedometer," ucap Bobby, pemilik dari toko Spec Rare Item, kepada Kompas.com, Selasa (11/2/2020).

Mengapa seat bealt juga harus dibeli yang baru, kata Boby, karena pascatabrakan, sabuk keselamatan ini akan terkunci, sehingga sensor airbag harus diatur ulang.

Baca juga: Kesalahan Pengemudi yang Bikin Transmisi Matik Cepat Jebol

Ilustrasi kantong udara. Ilustrasi kantong udara.

Biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan airbag mulai dari Rp11 juta sampai Rp20 juta, sudah termasuk komponen dan jasa pengerjaan. Untuk saat ini, Boby mengaku belum bisa memperbaiki airbag yang di kaki dan pilar, hanya di setir dan dasbor.

“Perlu diperhatikan setelah pemasangan airbag, pengujian aktif tidaknya hanya melalui komputer. Kalau aktif, asumsinya airbag akan mengembang jika tabrakan. Namun, jika ingin memastikan, harus nabrak dulu mobilnya,” kata Bobby.

Baca juga: Pakai Mobil Transmisi Manual, Begini Cara Pindah Gigi yang Benar

Sementara itu, Anjar Rosjadi, Technical Service Division Head Astra Daihatsu Motor, mengatakan, penggantian airbag sebaiknya dilakukan oleh bengkel resmi, mengingat komponen ini merupakan fitur keselamatan aktif..

"Dengan penggantian di bengkel resmi, ada jaminan terkait dengan keaslian suku cadang, kualitas pengerjaannya, dan jaminan/garansi pengerjaannya," ucap Anjar kepada Kompas.com, Rabu (12/2/2020).

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X