Kesalahan Pengemudi yang Bikin Transmisi Matik Cepat Jebol

Kompas.com - 11/02/2020, 16:38 WIB
Tuas transmisi mobil matik Tuas transmisi mobil matik
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Praktis dan mudah digunakan menjadi salah satu alasan sebagian orang memilih mobil bertransmisi otomatis.

Tak heran, bila saat ini penjualan mobil matik jenis apapun lebih laris dari versi manual.

Tapi dalam kenyataannya, banyak pengendara yang masih melakukan kesalahan ketika mengoperasikan mobil transmisi matik. Parahnya lagi hal tersebut dilakukan secara berulang-ulang.

Menurut Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, menjelaskan, bila ada beberapa kesalahan pengguna mobil matik yang tanpa disadari bisa berdampak pada kerusakan sistem transmisi.

Baca juga: Nyetir Mobil Matik, Pakai Satu atau Dua Kaki?

Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik

"Selain berkendara agresif atau sering memindahkan tuas, ada kesalahan lain yang sering dilakukan tapi tidak disadari penggunanya. Paling umum adalah terlalu cepat berakselerasi saat transmisi baru dipindahkan ke posisi D atau R," kata Hermas saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/2/2020).

Baca juga: Kenali Gejala Kerusakan Transmisi pada Mobil Manual

Hermas mengatakan tidak sedikit orang yang mengendarai mobil matik langsung tancap gas saat tuas transmisi baru dipindahkan ke posisi D.

Padahal, agar kerja transmisi optimal, saat baru digeser masih memerlukan sedikit waktu agar presisi.

Begitu juga ketika saat akan memundurkan mobil sehabis parkir. Saat tuas dipindah ke posisi R tanpa menunggu, langsung injak gas yang memaksa mobil cepat bergerak.

Baca juga: Pakai Mobil Transmisi Manual, Begini Cara Pindah Gigi yang Benar

DFSK Glory 560 saat dijajal di kawasan Lido, SukabumiSetyo Adi / Kompas.com DFSK Glory 560 saat dijajal di kawasan Lido, Sukabumi

"Sadar tidak sadar hal ini banyak dilakukan dan hal itu pula yang membuat umur transmisi otomatis mudah rusak," jelas Hermas.

Hermas melanjutkan, harusnya setelah memindahkan ke D atau R jangan langsung gas, berikan jeda atau waktu satu sampai dua detik agar gigi itu benar-benar menyangkut dan bisa bekerja optimal.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X