Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Otomotif Masih Lemah di Awal 2020, Daihatsu Turun 2 Persen

Kompas.com - 12/02/2020, 17:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA ,KOMPAS.com - Daihatsu Indonesia mencatat penjualan kendaraan roda empat nasional di awal tahun ini masih melemah. Hal tersebut diperkirakan karena pasar masih dalam tahap recovery pasca-tahun politik 2019.

Menurut Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, realisasi penjualan wholesales dan retail Daihatsu selama Januari 2020 turun sekitar 2 persen dibanding periode sama tahun lalu.

"Secara wholesales, Daihatsu berhasil menjual sebanyak 14.173 unit dan 14.582 unit di penjualan retail-nya. Dibandingkan Januari 2019, memang sedikit ada penurunan," kata Hendrayadi di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Baca juga: Daihatsu Siapkan Kejutan dengan Mobil 1,0 L Turbo

Daihatsu Sigra facelift 2019KOMPAS.com/Ruly Daihatsu Sigra facelift 2019

Meski demikian, Hendrayadi menyebut bahwa pelemahan pertumbuhan penjualan di Januari adalah wajar. Sebab, adanya beberapa penyesuaian baik secara produksi, penjualan (berkaitan dengan harga), sampai kondisi pasar.

"Secara seasonal memang Januari biasanya melambat, penjualan kita juga sewaktu Desember sudah habis-habisan. Jadi wajar saja, tapi memang ada penurunan dibanding tahun lalu," kata dia.

"Penjualan masih didominasi Sigra dan Ayla, serta Gran Max. Setelah itu baru Terios dan Xenia dengan rata-rata 2.000 unit," lanjut Hendrayadi.

Baca juga: Ini Kabar Terbaru Daihatsu Rocky

Daihatsu Terios 7 Wonders jelajah Kolaka, Sulawesi Tenggara Daihatsu Terios 7 Wonders jelajah Kolaka, Sulawesi Tenggara

Pada kesempatan sama, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menyebut bahwa, kondisi ekonomi nasional dan global masih akan menjadi faktor yang akan membebani gerak pertumbuhan pemasaran industri otomotif.

"Banyak hal, mulai dari penyebaran virus corona, perang dagang, dan sebagainya. Namun kita perkirakan bahwa pasar akan stagnan atau kalaupun naik, sekitar 5 persen. Sejalan dengan perkiraan Gaikindo," kata Amelia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com