Sepeda Motor Nekat Terjang Banjir, Waspada Oli Bercampur Air

Kompas.com - 08/02/2020, 16:27 WIB
Kondisi Dusun Beluk, Desa Jombok, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (7/2/2020). Sejak Minggu (2/2/2020), banjir akibat luapan sungai menggenangi wilayah permukiman penduduk. KOMPAS.COM/MOH. SYAFIÍKondisi Dusun Beluk, Desa Jombok, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (7/2/2020). Sejak Minggu (2/2/2020), banjir akibat luapan sungai menggenangi wilayah permukiman penduduk.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Sejumlah kawasan di DKI Jakarta dan sekitarnya kembali dilanda banjir setelah hujan deras pada, Sabtu (8/2/2020). Para pengendara sepeda motor pun nekat menerjang jalanan yang tergenang air dengan berbagai konsekuensi.

Salah satunya adalah sepeda motor macet atau bahkan oli mesin bercampur dengan air. Jika hal ini terjadi dampaknya bisa cukup parah karena fungsi oli untuk melumasi mesin akan berkurang.

Kepala Bengkel Honda Ahass Daya Motor Cibinong dan Megamendung Asep Suherman mengatakan, bercampurnya oli dengan air membuat mesin tidak sehat.

“Oli yang sudah bercampur dengan air akan membuat mesin tidak sehat, komponen di dalam mesin akan mudah rusak,” katanya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Hal ini disebabkan fungsi oli untuk melakukan pelumasan terhadap setiap komponen di dalam mesin menjadi tidak optimal.

Bahkan jika kondisi ini tidak segera ditangani bukan tidak mungkin komponen di dalam mesin bisa mengalami kerusakan lebih parah.

Baca juga: Jakarta Banjir Lagi, Pengguna Motor Mulai Masuk Jalan Tol

Oli campur air Foto: Pelicanparts Oli campur air

Untuk itu, Asep pun menyarankan agar para pemilik sepeda motor rutin melakukan pengecekan kondisi oli. Terutama jika kendaraan baru saja digunakan untuk menerjang kawasan yang tergenang air.

"Selalu periksa kondisi motor, jangan sampai air masuk ke bagian mesin dan bercampur dengan oli," ucapnya.

Asep menambahkan, keberadaan air di dalam ruang oli bisa dengan mudah diketahui. Salah satunya adalah dari warna oli mesin yang berwarna seperti kopi susu.

“Ciri-cirinya kalau oli sudah bercampur dengan air adalah dari warnanya, seperti kopi susu,” kata Asep.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X