Mitos atau Fakta, Wanita Lebih Lama saat Belajar Mengemudi?

Kompas.com - 06/02/2020, 14:28 WIB
Pengendara Wanita Stanly/OtomaniaPengendara Wanita

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang beranggapan bahwa pria memiliki kemampuan mengemudi mobil lebih ahli dibandingkan wanita.

Wanita dianggap memubutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat mengendarai mobil karena responnya yang lebih lambat dari pria.

Saat mengendarai mobil wanita sering mengalami kesulitan terutama ketika parkir, hal ini bisa terjadi karena wanita mudah gugup dan panik.

Sedangkan pria dianggap lebih berani dan memiliki perhitungan percepatan yang jauh lebih baik.

Baca juga: Marc Marquez Protes Ada 21 Seri Dalam Satu Musim, Terlalu Banyak!

Namun anggapan ini ditepis oleh Marcell Kurniawan selaku Training Director The Real Driving Center (RDC).Menurutnya wanita ataupun laki-laki memiliki kemampuan yang sama.

“Biasanya yang buat lama dalam memilki kompetensi mengemudi baik laki-laki atau perempuan adalah karena terlalu banyak berpikir dari si pengemudi itu sendiri,” ujar Marcell kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (06/02/2020)

Ilustrasi seorang pengemudi wanita yang tengah panik.Ilustrasi Ilustrasi seorang pengemudi wanita yang tengah panik.

Ketika belajar mengemudi memang dibutuhkan kesabaran, jangan berharap langsung lihai. Biasakan untuk percaya diri memegang setir, menghadapi tikungan, menyalip jalan, dan sering berlatih untuk parkir kendaraan.

Baca juga: Kamera Tilang Elektronik Bisa Deteksi Pelat Nomor Palsu

Biasanya untuk belajar menyetir hanya memerlukan waktu beberapa hari, tetapi urusan parkir butuh waktu hingga berbulan-bulan.

Pasalnya, tingkat tersulit dari mengendarai mobil adalah dapat menguasai cara parkir dengan baik.

Selain itu Marcell juga memberi saran kepada pengemudi pemula perempuan. “Pastikan untuk percaya diri dan jangan terlalu banyak berpikir atau kekhawatirannya terlalu tinggi, karena hal itu bisa membuat tidak fokus dan mudah terdistraksi.” ujar Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.