kolom

Formula E, dan Lingkungan yang Lebih Baik [Bagian : 1]

Kompas.com - 04/02/2020, 11:07 WIB
Infografik: Mengenal Formula E KOMPAS.com/Dhawam PambudiInfografik: Mengenal Formula E


Jakarta, KOMPAS.com - Bagaimana cara Formula E memastikan bahwa tenaga listrik yang digunakan mobil-mobil balapnya berasal dari sumber yang terbarukan, dan mendukung penggunaan green energy?

Data Formula E perihal energi terbarukanRadityo Wicaksono Data Formula E perihal energi terbarukan

Cadangan energi tidak terbarukan ini akan selalu berkurang, karena menjadi bahan baku utama untuk sebagian besar industri. Industri transportasi darat menjadi pengguna energi utama di dunia: 50,11persen BBM yang dihasilkan di dunia digunakan untuk industri transportasi darat.

Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan industri pengguna BBM lainnya, seperti industri transportasi udara, perminyakan maupun perkeretaapian.

Distribusi demand BBM per sektorRadityo Wicaksono Distribusi demand BBM per sektor

Peran Indonesia dalam penggunaan energi non-terbarukan

Indonesia merupakan negara yang sangat besar. Dari segi populasi, Indonesia menempati posisi keempat, begitu pun dengan jumlah kendaraan bermotor yang terregistrasi.

Bahkan, penduduk Indonesia memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk memiliki kendaraan bermotor dibandingkan penduduk India, China, Russia dan Brazil.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa satu warga negara Indonesia berkontribusi lebih besar dibandingkan warga negara-negara tersebut dalam penggunaan cadangan energi non-terbarukan, yang diperkirakan akan habis dalam beberapa waktu kedepan.

Data grafis perbandingan jumlah kendaraan versus jumlah pendudukRadityo Wicaksono Data grafis perbandingan jumlah kendaraan versus jumlah penduduk

Lantas, bagaimana Formula E dan teknologinya dapat mendukung penggunaan energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan?

Formula E menjamin 100 persen akan penggunaan energi terbarukan dalam pembuatan tenaga listrik yang digunakan oleh baterai mobil balapnya. Energi tersebut terbuat dari hasil reaksi lemak hewan dan juga produk sampingan pembuatan biodiesel.

Proses pembuatannya pun terbilang simpel dan ramah lingkungan, yaitu dengan penggunaan pendidih dan turbin uap, yang sekaligus dapat menghasilkan energi panas dan tenaga listrik.

Penggunaan sumber energi untuk Formula ERadityo Wicaksono Penggunaan sumber energi untuk Formula E

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X