Penjualan Terus Menurun, Loyalis Panther Inginkan Desain Lebih Modern

Kompas.com - 01/02/2020, 11:02 WIB
Isuzu Panther Grand Touring kompas.comIsuzu Panther Grand Touring

JAKARTA, KOMPAS.comIsuzu Panther memang bukan lagi volume maker di segmen MPV. Namun citranya sebagai mobil diesel yang tangguh tetap bertahan sampai sekarang.

Tak heran Panther bisa tetap laku, meski sudah lama sekali mobil ini tidak melakukan pembaruan. Bahkan di pasar mobil bekas, Panther jadi salah satu model yang dicari konsumen.

Berdasarkan data wholesales Gaikindo, di sepanjang Januari sampai Desember 2019, mobil ini terjual sebanyak 681 unit.

Baca juga: Perang Harga Suzuki XL7 dengan BR-V dan Rush, Siapa Paling Murah?

Usia Isuzu Panther masih akan panjang.Isuzu Usia Isuzu Panther masih akan panjang.

Padahal pada periode yang sama tahun 2018, Panther bisa laku 1.001 unit. Sedangkan pada 2017, bisa mencapai 1.182 unit.

Penjualan Panther bisa dibilang mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Desain yang belum berubah disinyalir jadi alasan penyebab permintaan Panther keluaran baru terus menurun.

Ernando Demily, Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia, mengatakan, sampai saat ini Panther masih dijual walaupun tidak mengalami penyegaran selama bertahun-tahun.

Baca juga: Apakah Mobil Mesin Diesel Masih Perlu Dipanaskan?

Isuzu Panther Rajanya Diesel Isuzu Panther Rajanya Diesel

“Panther masih dijual, kalau ada yang pesan pasti kami layani. Spare part-nya juga masih diproduksi terus,” ujarnya kepada Kompas.com (31/1/2020).

Meski begitu, bukan berarti Isuzu tidak bakal mengubah Panther. Ernando mengatakan, pihaknya terus melakukan survei ke konsumen terkait perubahan yang diharapkan.

“Tentu kami melakukan survei dulu ke konsumen dengan wawancara. Mayoritas masih sangat puas dengan Panther,” kata Ernando.

“Masukan dari mereka ingin Panther ada perubahan desain, ingin desainnya mengikuti perkembangan zaman. Karena kalau dari mesin, mereka sudah sangat puas sebetulnya,” ucapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X