Deretan Kecelakaan Bus Maut, Korban Tewas Puluhan Orang

Kompas.com - 20/01/2020, 10:37 WIB
Foto karya Kristianto Purnomo berjudul Kecelakaan Bus Asli Prima ini meraih juara II kategori spot news di ajang Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2019. Foto di ambil pada Minggu (13/01/2019) menampilkan korban kecelakaan antara Bus Asli Prima dan sebuah truk. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOFoto karya Kristianto Purnomo berjudul Kecelakaan Bus Asli Prima ini meraih juara II kategori spot news di ajang Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2019. Foto di ambil pada Minggu (13/01/2019) menampilkan korban kecelakaan antara Bus Asli Prima dan sebuah truk.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Kecelakaan bus pariwisata PO Purnamasari dengan nomor polisi E 7508 W yang menewaskan delapan penumpang seolah menambah daftar panjang kecelakaan yang melibatkan moda transportasi umum tersebut.

Sebelum PO Purnamasari juga pernah terjadi kecelakaan maut yang lebih parah juga menimpa bus Sriwijaya dengan nomor polisi BD 7031 AU rute Bengkulu-Palembang.

Bus tersebut masuk jurang dan mengakibatkan sebanyak 35 penumpang meninggal dunia, termasuk sang sopir meninggal dunia. Kondisi medan perbukitan hingga rem blong sering sering disinyalir menjadi salah satu penyebabnya.

Berikut deretan kecelakaan bus yang pernah terjadi dan menyebabkan korban jiwa.

Bus pariwisata PO Purnamasari nomor polisi E 7508 W yang mengalami kecelakaan tunggal di jalan turunan Kampung Nagrog Desa Palasari Kecamatan Ciater, Subang, Sabtu (18/1/2020) sekitar pukul 17.35 WIB. Kecelakaan ini menyebabkan 8 orang meninggal, 10 orang luka berat dan 20 orang luka ringan.Dok Humas Polda Jabar Bus pariwisata PO Purnamasari nomor polisi E 7508 W yang mengalami kecelakaan tunggal di jalan turunan Kampung Nagrog Desa Palasari Kecamatan Ciater, Subang, Sabtu (18/1/2020) sekitar pukul 17.35 WIB. Kecelakaan ini menyebabkan 8 orang meninggal, 10 orang luka berat dan 20 orang luka ringan.

Bus pariwisata PO Purnamasari 8 orang meninggal

Bus pariwisata PO Purnamasari dengan nopol E 7508 W mengalami kecelakaan di kawasan Kampung Nagrog, Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Subang, Sabtu (18/1/2020). Kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 17.35 WIB menyebabkan sedikitnya 8 penumpang meninggal dunia.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga menjelaskan, kecelakaan berawal saat bus berpenumpang 58 wisatawan itu berangkat menuju Depok dari Gunung Tangkuban Perahu, Bandung.

Baca juga: Bus Pariwisata yang Rengut 8 Nyawa di Subang, Hasil Modifikasi

Namun saat di perjalanan di wilayah Subang, bus yang melaju dengan kecepatan sedang itu terguling di jalan dengan kondisi turun dan meniikung.

"Kendaraan datang dari Bandung, menuju Subang, di saat kondisi menurun ada tikungan ke kiri, kendaraan tak terkendali dan terguling ke kanan ke bahu jalan," tuturnya.

Akibatnya, delapan orang dinyatakan tewas dalam kecelakaan ini, sedangkan lima orang mengalami luka berat. Petugas yang datang ke lokasi langsung mengevakuasi korban ke Rumah Sakit Umum Daerah Ciereng, Subang.

Sementara, 15 korban luka ringan dibawa ke Puskesmas Ciater dan Jalan Cagak. Saat ini Polisi masih melakukan olah TKP di lokasi kecelakaan.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X