Helm Terkenal Kelewat Mahal, Ada Juga yang Replika

Kompas.com - 20/01/2020, 08:42 WIB
Arai Ram 4 Foto: RCMotogarage/TokopediaArai Ram 4

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm  dengan merek terkenal harganya mahal, karena itu ada beberapa produsen yang mencontek desain tertentu. Bahkan bukan hanya grafisnya saja, tapi juga desain batok dan interiornya.

Ahmad M salah satu anggota Belajar Helm, komunitas pecinta helm yang juga aktif sosialisasi kampanye keselamatan, mengatakan, saat ini ada beberapa helm replika dengan banderol cukup murah.

Baca juga: Kenali Perbedaan antara Helm Open Face dan Half Face

"Untuk helm copy-an ada Arai Ram 4 (open face) mereknya TSR, bentuknya mirip sampai finishing interiornya kalau orang awam pasti susah bedainnya karena menyontek  1:1," kata Ahmad kepada Kompas.com, Minggu (19/1/2020).

AGV Pista KOMPAS.com/Gilang AGV Pista

Selain TSR asal Malaysia, ada juga beberapa merek asal China yang mirip AGV Pista. Helm replika itu dijual dengan banderol Rp 5 jutaan, hanya setengah dari harga helm original yang berkisar Rp 12 jutaan.

"Bahkan sekarang ada yang nyontek merk Arai yang tipe carbon cuma dengan harga 5 jutaan juga," imbuhnya.

Baca juga: Perbedaan Helm Buat Balap Mobil dan Motor

Ahmad mengatakan, sekilas mungkin sulit membedakan jelm replika dan yang asli. Pembuktiannya ada pada sticker sertifikasinya, dan tentu kualitas perlindungan ketika terjadi tabrakan atau kecelakaan.

"Bedanya di sticker, tapi seandainya perbandingan secara kasat mata agak sulit, engga bisa dilihat. Jadi itulah yang bikin ragu para konsumen, tapi dari segi harga udah jauh beda," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X