Lorenzo, Biaggi dan Anderson Bakal Dilantik Jadi Legenda MotoGP

Kompas.com - 19/01/2020, 18:01 WIB
Jorge Lorenzo mulai frustasi usai GP Jerez Foto: AutosportJorge Lorenzo mulai frustasi usai GP Jerez
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jorge Lorenzo, Max Biaggi dan Hugh Anderson akan dilantik sebagai legenda MotoGP. Ketiganya akan menemani sejumlah nama besar yang sudah lebih dulu dinobatkan seperti Mick Doohan dan Giacomo Agostini. 

Penobatan akan berlangsung pada MotoGP musim 2020 ini di tiga sirkuit berbeda. Lorenzo yang pertama di Siruit Jerez, disusul Biaggi di Sirkuit Mugello, Italia dan terakhir Hugh Anderson yang belum diumumkan.

"Dinobatkan sebagai legenda MotoGP membuatku sangat senang. Ketika aku mulai terjun di dunia ini, apa yang ingin aku lakukan adalah turun di kejuaraan dunia," kata Lorenzo mengutip laman MotoGP, Minggu (19/1/2020).

Baca juga: Kepincut Honda PCX 150 CBU, Siap-siap Harga Komponen Mahal

Lorenzo salah satu pembalap tersukses sepanjang masa dengan total lima gelar juara dunia di dua kelas. Dia menjadi juara dunia kelas 250cc pada 2006 dan 2007, kemudian kemudian jura dunia MotoGP pada 2010, 2012 dan 2015.

Tiga gelar teratas di kelas premier dimenangkan bersama Yamaha. Pada 2017 dia pihak ke Ducati selama dua musim. Pada 2019 dia pindah ke Repsol Honda dan akhirnya pensiun pada akhir musim.

Max BiaggiFoto: Crash.net Max Biaggi

Adapun Max Biaggi, merupakan nama yang disebut sebagai rival berat Valentino Rossi di awal karirnya di kelas premier. Biaggi pertama kali terjun di grand prix kelas 250cc pada 1991.

Dia kemudian jadi juara dunia 250cc selama tempat kali pada 1994, 1995, 1996 dan 1997. Pada 1998 dia naik kelas ke GP 500.

Baca juga: Cara Akali Suspensi Suzuki Jimny yang Keras

Biaggi pensiun di balapan MotoGP pada 2005, tapi dia tetap balapan di WorldSBK dan merebut dua gelar juara Superbike pada 2010 dan 2012.

"Aku merasa terhormat menjadi Legenda MotoGP dan mendapati namaku bersama pe,balap penting lainnya seperti Agostini, Aspar, Niete, Sheene," kata Biaggi.

Sedangkan Hugh Anderson merupakan juara dunia kelas 50cc pada 1963 dan 1964 serta kelas 125cc pada 1963 dan 1965. Anderson pensiun pada 1966 setelah merebut 25 kemenangan grand prix dan empat gelar juara dunia.

Hugh AndersonFoto: Crash.net Hugh Anderson

Lorenzo, Biaggi dan Anderson akan bergabung dengan nama-nama legenda lainnya termasuk Giacomo Agostini, Mick Doohan, Geoff Duke, Wayne Gardner, Mike Hailwood, Daijiro Kato.

Kemudian Eddie Lawson, Anton Mang, Angel Nieto, Wayne Rainey, Phil Read, Jim Redman, Kenny Roberts, Kenny Roberts Jr, Jarno Saarinen, Kevin Schwantz, Barry Sheene, Marco Simoncelli, Freddie Spencer.

lalu Casey Stoner, John Surtees, Carlo Ubbiali, Alex Crivillé, Franco Uncini, Marco Lucchinelli, Randy Mamola, Kork Ballington, Dani Pedrosa, Stefan Doerflinger, Jorge Martinez dan mendiang Nicky Hayden.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X