Mobil Sudah Dilapisi Coating, Jangan Cuci Pakai Detergen

Kompas.com - 11/01/2020, 08:32 WIB
Berkendara di saat hujan KompasOtomotifBerkendara di saat hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Coating merupakan salah satu metode perlindungan cat yang cukup populer. Namun setelah mobil di- coating bukan berarti kemudian pemilik lepas dari tanggung jawab merawat bodi.

Robby Kurnia, CEO Autoglaze, perusahaan penyedia jasa cuci dan car care specialist, mengatakan, setelah mobil di coating bodi harus tetap dirawat. Cara paling simpel yaitu jangan mencuci pakai sabun yang mengandung detergen.

Baca juga: Jangan Cuci Mobil di Rumah dengan Sabun Cuci Piring

"Setelah dicoating harus ada perawatan yang benar, jadi sabun dan obat yang dipakai juga mesti diperhatikan. Untuk sabun pilih yang PH-nya netral atau balance yaitu PH 7, jangan yang menandung detergen dan asam," katanya kepada Kompas.com, Kamis (9/1/2020).

Proses ceramic coating pada perawatan kendaraanOtomania/Setyo Adi Proses ceramic coating pada perawatan kendaraan

Robby mengatakan, adapun sebetulnya jika sudah di-coating tidak perlu lagi mencuci pakai sabun tapi cukup dengan air. Sebab debu dan kotoran pada dasarnya menempel di lapisan coating, dan penggunaan sabun justru mengikis lapisan tersebut.

"Sebetulnya pakai air saja sudah cukup. Karena kalau coating yang bagus tidak perlu lagi pakai sabun, karena dia sudah seperti daun talas," katanya.

Baca juga: Fungsi Coating untuk Mobil Bekas

Robby mengatakan, jika sudah dicoating jangan malas membilas seluruh bagian eksterior menggunakan air. hal ini juga untuk menjaga umur lapisan coating dan bodi agar tidak cepat timbul jamur.

"Cukup dicuci pakai air tanpa menggunakan sabun, yang penting dilap sampai benar-benar kering di seluruh bagian eksterior," ujar Robby.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X