KMWI Kejar Target Produksi 10.000 Mobil Desa untuk Dikirim ke Afrika

Kompas.com - 07/01/2020, 14:48 WIB
AMMDes di pabrik Klaten, Jawa Tengah STANLY RAVELAMMDes di pabrik Klaten, Jawa Tengah
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Harapan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan ( AMMDes) yang dibuat anak bangsa menembus pasar ekspor akhirnya terwujud. Salah satunya ditunjukkan melalui pemesanan dari Dangote Group asal Afrika sebanyak 10.000 unit.

Lantas bagaimana dengan kesiapan produksinya, menjawab hal ini Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) Reiza Treistanto, mengatakan bila pihaknya optimistis bisa memenuhi permintaan tersebut.

"Kalau dari kami sudah siap secara produksi, untuk jumlah unit yang diminta juga kami bisa kejar. Apalagi itu tidak langsung melainkan bertahap selama lima tahun ke depan," ucap Reiza saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/1/2020).

Baca juga: Tiga Kegunaan Mobil Desa yang Dikirim ke Afrika

Reiza juga menjelaskan bila dari segi produksi, pabrik mobil desa yang barada di Citeurup, Jawa Barat, memiliki kapasitas sebesar 8.000 unit dalam satu tahun. Dengan jumlah tersebut, dia optimis bisa memenuhi permintaan ekspor untuk ke Afrika.

Kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes)STANLY RAVEL Kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes)

Apalagi tidak ada perbedaan teknis, hanya jenis aplikasi atau kegunaannya saja yang berbeda-beda karena menyesuaikan kebutuhan pasar di Afrika.

Mengenai hal ini, Reiza juga mengatakan sedang menyiapkan peralatan atau instalasi baru khususnya untuk yang pengolahan gari.

Baca juga: 10.000 Unit Mobil Desa Buatan Indonesia Siap Ekspor ke Afrika

" Produksi 8.000 unit satu tahun itu normal, tapi kalau kita kejar dengan over time bisa sampai 10.000 unit. Untuk aplikasi yang paling baru dan sedangkan kita siapkan itu ya pengolahan, karena selama ini kita tidak buat, makanya kita siapakan dulu," ujar Reiza.

Presiden Komisaris KMWI dan KMWD Sukiyat saat memperkenalkan kendaraan AMMDes merupakan mobil Esemka generasi III di Bengkel Kiat Motor di Klaten, Jawa Tengah, Kamis (25/10/2018).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Presiden Komisaris KMWI dan KMWD Sukiyat saat memperkenalkan kendaraan AMMDes merupakan mobil Esemka generasi III di Bengkel Kiat Motor di Klaten, Jawa Tengah, Kamis (25/10/2018).

Soal proses ekspor, meski belum ada kejelasan kapan pastinya, tapi menurut Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika, direncanakan pada 2020 dan 2021, dan sekitar 1.000 unit AMMDes akan segera dikirim ke Afrika.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X