Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenperin Gelar Modifikasi Digital Mobil Desa, AMMDes

Kompas.com - 05/08/2019, 16:01 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggandeng asosiasi National Modificator & Aftermarket Association (NMAA), Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) menggelar kontes modifikasi digital (Digimodz) Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes).

Sejak dibuka pada 9 Juli hingga 5 Agustus 2019, sudah lebih dari 100 karya modifikasi digital AMMDes yang terkirim. Dari jumlah tersebut, akan ada satu karya yang dipilih menjadi pemenang untuk memperebutkan piala Kemenperin.

"Kami menyambut baik kegiatan AMMDes Digimodz ini, karena selain untuk menyalurkan dan lebih mengenalkan karya anak bangsa, melalui kegiatan ini juga akan membantu pemerintah mengembangkan desain AMMDes sendiri ke depannya," ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Harjanto, di Gedung Kemenperin, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Baca juga: AMMDes Resmi Jadi Ambulans Ibu Melahirkan di Banten

Harjanto menjelaskan ada dua pemeng yang akan dipilih oleh para juri. Pertama untuk merebutkan piala Kemenperin, sertifikat, dan uang tunai sebesar Rp 10 juta, sementara pemenang kedua akan dipilih dari sosial media dan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5 juta.

Sementara itu, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika, menjelaskan bila tujuan lain dari ajang AMMDes Digimodz ini bukan sekadar hanya untuk mendapatkan masukan terkait masalah pengembangan desain, tapi juga sekaligus untuk meningkatkan awareness dari AMMDes yang merupakan ciptaan karya anak bangsa.

Modifikasi AMMDes IMX 2018stanly Modifikasi AMMDes IMX 2018

"Satu karya terbaik yang dipilih jadi pemenang juga akan kami realisasikan ke bentuk nyata dan akan kami tampilkan di ajang IMX pada September 2019 mendatang. Harapannya ini juga bisa meningkatkan awareness serta mengairahkan industri modifikasi nasional," ucap Putu.

Sedangkan ketua NMAA Andre Mulyadi, mengatakan kerja sama dengan Kemenperin dan KMWI merupakan lanjutan dari bentuk sinergi yang sebelumnya sudah terjalin. Hal ini pun akan menjadi sebuat gagasan untuk menggalang dukungan bagi para pengiat modifikasi terutama desain digital.

"AMMDes yang tahun lalu kami tampilkan di IMX 2018 mendapat respon positif, berangkat dari situ kami buat ajang ini untuk memperebutkan piala Kemenperin sekaligus menjadi wadah anak muda yang menekuni modifikasi digital," ucap Andre.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com