Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Kena Aquaplaning, Jangan Dilawan dan Ikuti Arahnya

Kompas.com - 06/01/2020, 16:24 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Gejala aquaplaning atau hilangnya traksi roda karena air biasanya terjadi hanya sebentar. Namun kejadian itu sudah cukup membuat mobil bergeser keluar jalur, dan bisa berakibat fatal.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan bahwa langkah pertama yang bisa dilakukan pengemudi saat mobil mengalami aquaplaning adalah dengan tidak panik dan tetap tenang.

“Saat aquaplaning terjadi lepas pedal gas, rem, dan kopling. Jangan dilawan tapi diikuti saja, sambil tahan posisi setir. Ketika dapat traksi koreksi sedikit demi sedikit,” ujarnya kepada Kompas.com (6/1/2020).

Baca juga: Berkendara saat Hujan, Pahami Kondisi yang Menyebabkan Aquaplaning

Ilustrasi berkendara saat hujan.Larmoyeux & Bone Ilustrasi berkendara saat hujan.

“Paling penting jangan langsung injak rem atau deselerasi mendadak, karena kalau salah satu susu ban selip bisa mengakibatkan mobil melintir,” kata Sony.

Menurutnya, langkah paling aman untuk menghindari gejala aquaplaning adalah menurunkan kecepatan sebelum melewati genangan air.

“Kalau sudah terlihat ada genangan air, langsung lepas gas dan rem agar kecepatan berkurang. Kalau sudah di atas air malah jangan direm, karena roda bisa kehilangan traksi, kecuali sudah pakai rem ABS,” ucapnya.

Baca juga: Banyak Lumpur Usai Banjir, Perhatikan Cara Berkendara yang Tepat

Ilustrasi berkendara diguyur hujan.Istimewa Ilustrasi berkendara diguyur hujan.

Sony juga menambahkan, gejala aquaplaning marak terjadi pada mobil yang bannya sudah mulai aus. Untuk itu ia menyarankan untuk selalu memantau kembangan ban dan tekanan angin sesuai rekomendasi pabrikan.

“Cek alur ban dan tekanan angin, karena tekanan angin yang kurang akan membuat tapak ban bagian tengah tidak menapak sempurna, jadi air lebih banyak di daerah itu. Pastikan alur ban masih cukup untuk jalur air saat melewati genangan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com