Saat Hujan, Pemotor Dilarang Melakukan Hal Ini

Kompas.com - 29/12/2019, 08:02 WIB
Ilustrasi sejumlah pengguna jalan yang berteduh di tempat yang aman saat hujan. otosena.comIlustrasi sejumlah pengguna jalan yang berteduh di tempat yang aman saat hujan.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Berkendara menggunakan sepeda motor memang lebih simpel dibandingkan saat menggunakan mobil. Terlebih saat kondisi jalanan tengah padat dan macet.

Pengendara motor tentunya bisa nyelip di antara kemacetan dan tiba di lokasi tujuan lebih cepat. Akan tetapi, jika cuaca sedang hujan, tentunya menjadi persoalan tersendiri.

Apalagi, jika lupa membawa jas hujan atau mantel. Mau tidak mau pengendara sepeda motor harus berteduh jika tidak ingin masuk angin setelah menerjang hujan.

Hanya saja, banyak pengendara yang kurang memperhatikan lokasi yang aman saat berteduh. Misalkan berteduh di bawah reklame yang justru menjadi tempat yang rawan.

Baca juga: Bikers, Bijaklah saat Berteduh

Selain itu, berteduh di bawah flyover sehingga membuat lalu lintas menjadi padat. Sehingga, berdampak pada kemacetan lalu lintas.

Berikut beberapa aksi berbahaya yang sering dilakukan oleh pengendara sepeda motor saat musim hujan.

Hujan disertai angin kencang menyebabkan papan reklame dan pohon di jalur utama Purwokerto-Cilacap, tepatnya di Desa Notog dan Patikraja/Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (14/11/2019).KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN Hujan disertai angin kencang menyebabkan papan reklame dan pohon di jalur utama Purwokerto-Cilacap, tepatnya di Desa Notog dan Patikraja/Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (14/11/2019).

Berteduh di bawah reklame

Tidak sedikit pengendara sepeda motor yang mengabaikan keselamatan saat berteduh dari hujan. Salah satunya yakni berteduh di bawah reklame.

Padahal, kawasan tersebut merupakan area berbahaya. Hal ini karena bisa saja sewaktu-waktu reklame ambruk dan menimpa pengendara yang tengah berteduh.

Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengungkapkan, berteduh di bawah reklame cukup berbahaya. Pasalnya, reklame bisa saja ambruk saat ada angin kencang.

"Belum lagi bahaya papan reklame tumbang, untuk pengendara motor untuk memilih tempat berteduh yang aman dan tidak mengganggu pengguna jalan lain,” katanya beberapa waktu lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X