Sempat Tertunda, Penerbitan Smart SIM di Depok Berjalan Lancar

Kompas.com - 23/12/2019, 14:23 WIB
Smart SIM KOMPAS.com/GilangSmart SIM

JAKARTA, KOMPAS.com - Distribusi Smart SIM atau SIM Pintar di Depok sempat tertunda karena menunggu penyelesaian dari teknisi Korlantas Polri beberapa waktu lalu.

Sekarang, seluruh warga Depok yang ingin membuat atau memperpanjang SIM sudah bisa mendapatkan Smart SIM.

Smart SIM sendiri resmi diluncurkan pada 22 September 2019 di Jakarta, oleh Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto dan Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri beserta jajaran serta dinas terkait.

Baca juga: Warga Depok Belum Bisa Dapat Smart SIM

Kasatlantas Polresta Depok Kompol Sutomo, mengatakan, penerapan Smart SIM sudah berjalan sejak bulan November 2019. Dalam prosesnya, Sutomo mengatakan tidak ada kendala yang berarti.

Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran. Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran.

"Di Depok, kita sudah gunakan Smart SIM sejak sebulan yang lalu. Sudah ada sekitar 4.000 Smart SIM yang diterbitkan," ujar Sutomo, saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/12/2019).

Sutomo menambahkan, untuk masyarakat yang ingin membuat atau memperpanjang masa berlaku SIM, prosesnya masih sama seperti SIM yang lama.

Baca juga: Korlantas Pastikan Distribusi Smart SIM Berjalan Normal

"Untuk biaya administrasinya juga tidak berubah. Untuk pembuatan, SIM A tarifnya Rp 120.000 dan SIM C Rp 100.000. Sedangkan untuk perpanjang, SIM A Rp 80.000 dan SIM C Rp 75.000," kata Sutomo.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X