Korlantas Pastikan Distribusi Smart SIM Berjalan Normal

Kompas.com - 10/10/2019, 11:58 WIB
Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan telah menerbitkan Smart SIM, Selasa (8/10/2019). Berbeda dari sebelumya, untuk SIM pintar memiliki berbagai fungsi, salah satunya dapat transaksi tol. Dokumentasi Satpas Cilenggang Polres TangselSatuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan telah menerbitkan Smart SIM, Selasa (8/10/2019). Berbeda dari sebelumya, untuk SIM pintar memiliki berbagai fungsi, salah satunya dapat transaksi tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi meluncurkan Smart SIM pada September 2019. Tahap awal distribusi sedikit mengalami masalah, sehingga belum semua wilayah bisa memiliki SIM pintar itu.

Meski begitu, Kepala Korlantas (Kakorlantas) Irjen Pol Refdi Andri menjamin bahwa distribusi Smart SIM akan berjalan normal hingga ke seluruh wilayah di Indonesia.

Baca juga: Smart SIM Sudah Tersedia di Seluruh Wilayah Jakarta

"Kita akan lakukan secara bertahap ke Polda-Polda yang ada di seluruh Indonesia," ucap Refdi kepada Kompas.com belum lama ini.

Peluncuran SMART SIMdok BRI Peluncuran SMART SIM

Refdi melanjutkan, material SIM yang lama juga masih tersedia di beberapa daerah, namun untuk wilayah yang sudah habis maka akan mendapatkan SIM model baru.

Baca juga: Warga Depok Belum Bisa Dapat Smart SIM

Begitu juga soal prosedur pembuatan atau bahkan kehilangan SIM. Menurut Refdi, hal tersebut masih mengacu pada aturan yang sudah ada sebelumnya.

“Soal pembuatan baru atau SIM hilang tidak ada perubahan dalam prosedural SIM secara umum, semua masih sama dengan yang sebelumnya,” kata Refdi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.