BSA C12 Motor Entry Level Inggris yang Menawan

Kompas.com - 13/12/2019, 12:02 WIB
BSA C12 Oni FaristiwaBSA C12

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi kembali menghadirkan foto sepeda motor spesial (collectible item) dalam bentuk ilustrasi karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni ini hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif Kompas.com.

Kali ini, pada pekan ke-34 awak redaksi menghadirkan ilustrasi motor legendaris asal Inggris, BSA C12. Motor yang hanya diproduksi selama dua tahun sejak 1956 sampai 1958.

Baca juga: Ariel Huntmaster, Si Ganteng dari Inggris

BSA C12 merupakan suksesor dari model sebelumnya, BSA C11G. Secara teknis BSA C12 menggunakan banyak komponen dari BSA C11G, mulai dari mesin hingga kaki-kaki.

BSA C12Foto: Bonhams BSA C12

Perbedaannya terletak pada sasis dan suspensi. BSA C12 dibekali suspensi belakang dengan swingarm, sedangkan BSA C11G masih model plunger.

Baca juga: BSA Golden Flash, Motor Klasik Inggris dengan Warna Mentereng

BSA C12 mengusung mesin 250cc satu silinder berjenis OHV, berpendingin udara. Mesin dengan ciri khas memakai push rod itu mampu menghasilkan 12 tk, tenaga disalurkan pakai transmisi manual empat percepatan.

Bicara BSA C12 maka bicara seri ''C'' pada BSA. Seri C merupakan seri motor kecil BSA. Seri C pertama yang lahir ialah BSA C10 pada 1938. Saat itu motor masih memakai suspensi depan model girder disandingkan dengan sasis rigid.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X