Sudah Diresmikan Jokowi, Tol Layang Japek Belum Dibuka Untuk Umum

Kompas.com - 13/12/2019, 07:02 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.comJalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) II (Elevated) sepanjang 36,4 kilometer akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis (12/12/2019).

Jalan yang menghubungkan Cikunir-Karawang Timur ini menjadi tol layang terpanjang di Indonesia. Sebelumnya rekor tol layang terpanjang dipegang tol Wiyoto Wiyono sepanjang 15 kilometer.

Didampingi oleh Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Basuki Hadimuljono, Direktur Utama PT Jasa Marga Desy Arryani, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Jokowi meresmikan tol layang pukul 13.15 WIB.

Baca juga: Tol Layang Cikampek Beroperasi, Jokowi Yakin Kemacetan Teratasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Kamis (12/12/2019).Rosiana Haryanti/Kompas.com Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Kamis (12/12/2019).

“Bismillahirahmanirohim, dengan ini saya resmikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated pada siang hari ini,” kata Jokowi, seperti dikutip dari Kompas Properti.

Setelah resmi beroperasi, jalan tol layang ini dapat dilalui kendaraan khususnya saat libur Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru), dengan ketentuan bebas tarif alias gratis.

Meski begitu, jalan tol layang Japek belum akan dibuka untuk umum. Pembukaan jalan tol baru ini rencananya sekitar 2-3 hari mendatang setelah dilakukan pembersihan dan memastikan kelengkapan rambu jalan.

Baca juga: Pengamat Sebut Jalan Tol Layang Japek Aman Dikebut sampai 80 Kpj

Kondisi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Rabu (4/12/2019)Kompas.com/ROSIANA HARYANTI Kondisi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Rabu (4/12/2019)

“Diusahakan lebih cepat lebih baik, tapi sebelum tanggal 20 Desember 2019 dipastikan sudah bisa dipakai untuk umum tanpa tarif hingga masa libur Natal dan Tahun Baru 2020,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam keterangan resmi (11/12/2019).

Sementara itu, soal batas kecepatan maksimal jalan tol layang sebelumnya hanya sampai 60 kpj saja. Namun, setelah diuji coba langsung oleh Menteri PUPR, batas kecepatan maksimal berubah.

“Kita sudah coba 80 kpj masih cukup nyaman, itu kecepatan maksimum di jalan tol ini,” ucap Basuki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.