4 Teknologi yang Digunakan dalam E-Drives Ujian Praktik SIM

Kompas.com - 11/12/2019, 11:22 WIB
Proses pelaksanaan uji praktik SIM menggungakan E-Drives KOMPAS.com/FauzanProses pelaksanaan uji praktik SIM menggungakan E-Drives

JAKARTA, KOMPAS.com –Polda Metro Jaya menerapkan sistem E-Drives sebagai persyaratan saat melakukan ujian SIM kendaraan roda dua dan empat.

E-Drives diklaim menggunakan teknologi yang canggih. Modul yang digunakan sudah elektronik serta terintegrasi dengan sistem uji SIM.

Kepala Seksi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, AKP Lalu Hedwin Hanggara mengatakan, ujian SIM tidak berbeda dengan prosedur yang lama. Hanya sekarang sudah menggunakan E-Drives dengan teknologi berbasis elektronik. 

“Caranya dengan yang lama sama, tetapi kalau E-Drives menggunakan teknologi berupa sensor untuk ujian praktik, ada infrared, Radio Frecuency Identification (RFID), CCTV, control box dan sinar ultrasonik. Pembuatan SIM lebih objektif menggunakan E-Drives karena sistem yang bekerja,” ujar Hedwin kepada KOMPAS.com, di Jakarta, Senin (9/12/2019). 

Baca juga: Sistem E-Drives Diharapkan Mampu Menghilangkan Praktik Calo

Berikut ini tekhnologi yang tersemat dalam sistem E-Drives:

1. Passive Infrared

Teknologi ini berfungsi sebagai penanda untuk mengetahui para peserta mulai dan selesai pada setiap tahapan. Infrared ini berupa cahaya inframerah yang terletak pada peer yang berada di garis awal (start) dan garis akhir (finish).

2. Radio Frequency Identification (RFID)

Teknologi ini berfungsi untuk mengidentifikasi peserta tanpa harus menunggu aba-aba dari petugas karena sudah dilakukan melalui kartu E-Drives dengan menggunakan sistem identifikasi nirkabel. Saat peserta melewati RFID dengan otomatis data peserta tersebut akan muncul pada aplikasi di ruang monitoring (control room).

3. Vibration Sensor

Suatu alat yang berfungsi untuk mendeteksi adanya getaran. Sensor ini diletakkan di lingkungan modul uji praktik (patok).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X