Apakah Piranti Sistem E-Drives Bisa Bertahan Lama?

Kompas.com - 10/12/2019, 18:42 WIB
Control Box dan RFID pada tes E-Drives di Satpas SIM Daan Mogot KOMPAS.com/FauzanControl Box dan RFID pada tes E-Drives di Satpas SIM Daan Mogot


JAKARTA. KOMPAS.COM – Sistem E-Drives sudah terintegrasi dengan perangkat elektronik berkemampuan tinggi. Namun, bagaimana jika peralatan elektronik tersebut mengalami kendala dan bagaimana dengan proses ujian SIM bagi pesertanya?

Ditemui oleh Kompas.com di Satuan Penyelenggara Administrasi dan Gerai Surat Izin Mengemudi (Satpas SIM Daan Mogot, Kepala Seksi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, AKP Lalu Hedwin Hanggara, menjelaskan, bahwa peralatan penunjang sistem pembuatan SIM E-Drives akan selalu dimonitor.

Sesuai karakter barang elektronik, kata Hedwin, tetap ada usia pakainya.

“Jika alat-alat penunjang sistem E-Drives tersebut mengalami kendala, sebenarnya di sini kami juga sudah siapkan teknisi yang berkompeten dan selalu standby untuk menangani permasalahan tersebut,” ujar Hedwin kepada Kompas.com, di Jakarta, Senin (9/12/2019).

Baca juga: Disebut Masih Gredek Simak Perbedaan Mesin ADV 150 dengan PCX 150

Perangkat yang menjadi penunjang keberjalanan sistem E-Drives setiap hari akan selalu dilakukan pengecekkan. Apabila terdapat komponen yang malfunction dapat segera diselesaikan.

Hedwin menambahkan, setiap hari kita lakukan pengecekkan terhadap komponen-komponen tersebut. Modul-modul tersebut menggunakan baterai, normalnya dapat bertahan mencapai 1 tahun, namun setiap minggu dilakukan pengecekkan, ketika daya baterai berkurang langsung dilakukan penggantian baterai.

Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKP, Lalu Hedwin di tempat ujian praktik SIM Satpas Daan Mogot, Jakbar, Selasa (10/12/2019)KOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJAR Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKP, Lalu Hedwin di tempat ujian praktik SIM Satpas Daan Mogot, Jakbar, Selasa (10/12/2019)

Lebih lanjut, ketika terjadi gangguan atau kendala pada perangkat tersebut, maka seluruh proses pembuatan SIM tetap dilakukan karena pihak terkait sudah menyiapkan cadangan jika kendala tersebut terjadi.

Baca juga: Begini Cara Pembuatan SIM Berbasis E-Drives di Satpas SIM Daan Mogot

“Kemudian kita juga menyiapkan metode yang lama apabila semua komponen-komponen tersebut mengalami kendala. Semuanya sudah kita siapkan agar seluruh proses pembuatan SIM tidak terganggu,” kata Hedwin.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X