Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2019, 15:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu aksesori pemotor yang banyak dipakai saat ini adalah tambahan alat komunikasi yang dipasang di helm.

Alat yang juga disebut dengan intercom helm ini mulai banyak digunakan baik untuk touring atau hanya sekadar sunmori (sunday morning ride).

Selain fungsi utamanya sebagai alat komunikasi, beberapa intercom helm sekaran ini juga memiliki fitur kamera aksi. Jadi, bisa sekaligus mendokumentasi perjalanan.

Baca juga: Driver Ojol Jadi Viral gara-gara Alat Komunikasi di Helm

Nico Ekywinaldo, salah satu biker pengguna intercom helm, mengatakan, alat tersebut juga bisa terhubung dengan beberapa penggunanya. Sehingga, bisa menjaga para pengendara untuk tetap terhubung saat melakukan perjalanan bersama.

Manfaat pakai intercom helm untuk pemotorGridOto Manfaat pakai intercom helm untuk pemotor

"Jadi, komunikasi dengan teman yang ada di motor lain atau yang dibonceng akan lebih nyaman, tidak perlu teriak-teriak. Apalagi, jika motornya pakai knalpot racing dan pengendaranya pakai helm full face," ujar Nico, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dengan menggunakan intercom helm, pengendara juga bisa mendengarkan arahan yang diberikan oleh alat GPS.

Sehingga, tidak perlu memecah konsentrasi dengan melihat smartphone atau GPS. Sebab, intercom ini bisa terhubung dengan smartphone menggunakan koneksi Bluetooth.

Baca juga: Sudah Paham Standar Internasional Untuk Touring Motor?

Belakangan ini, intercom helm yang dilengkapi dengan fitur kamera aksi banyak digunakan juga untuk kegiatan motovlogging.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com