Waspada Rem Blong Karena Vapor Lock!

Kompas.com - 11/11/2019, 12:02 WIB
Kampas rem mobil matik STANLY RAVEL-KOMPAS.comKampas rem mobil matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem pengereman adalah salah satu komponen vital pada kendaraan. Komponen ini perlu dijaga dan dirawat sebaik mungkin agar tetap bisa bekerja secara optimal. Jangan sampai rem menjadi tidak berfungsi atau blong gara-gara vapor lock.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, vapor lock adalah kondisi di mana rem terlalu panas akibat diinjak terlalu lama, sehingga minyak rem menjadi mendidih.

Baca juga: Pentingnya Ganti Minyak Rem, Cegah Rem Blong

"Saat minyak rem mendidih, menghasilkan uap air yang bisa mengakibatkan rem blong, inilah yang dinamakan dengan vapor lock," ujar Didi, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi Rem blong Ilustrasi Rem blong

Didi menambahkan, untuk itu perlu dilakukan penggantian minyak rem secara berkala di setiap 40.000 km. Tiap kelipatan 40.000 km, minyak rem harus dicek dan diganti.

"Kalau tidak diganti, khawatirnya ada uap air atau udara di dalam sistem pengereman, akibat dari vapor lock," kata Didi.

Baca juga: Tips Jaga Rem Mobil Supaya Lebih Awet

Untuk menghindari terjadinya vapor lock, saat turunan, sebaiknya jangan hanya menginjak rem untuk menghentikan atau memperlambat laju mobil. Namun, perlu juga untuk gunakan juga bantuan dari mesin atau engine brake.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X