Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Bakal Jual Mobil LCGC Tahun Depan?

Kompas.com - 05/11/2019, 10:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jajaran produk kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia relatif minim, hanya mengisi segmen SUV, Low MPV, dan pikap kabin ganda. Mitsubishi bahkan juga meninggalkan segmen city car, dengan tak lagi menjual Mirage beberapa waktu lalu. Padahal, Indonesia merupakan pasar terbesar Mitsubishi saat ini di dunia.

Meski hanya fokus di segmen tertentu, Mitsubishi mengaku terus mempersiapkan model baru yang bermain di segmen yang belum pernah mereka masuki. Salah satunya segmen LCGC (Low Cost Green Car).

Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengaku telah melakukan diskusi dengan pihak prinsipal untuk meluncurkan produk tersebut.

Baca juga: Skema PPnBM Baru, Harga Mitsubishi Outlander PHEV Bisa Lebih Murah?

Ilsutrasi dealer Mitsubishi yang baru dibuka di PalembangIstimewa Ilsutrasi dealer Mitsubishi yang baru dibuka di Palembang

“Kami sudah mendiskusikan hal ini dengan MMC (Mitsubishi Motors Corporation). Saat saya ke Tokyo, kami sudah memperhatikan hal tersebut,” ucapnya kepada Kompas.com,  Senin (4/11/2019). 

Ia berharap, pihak prinsipal akan mengumumkan rencana itu saat pada pertengahan tahun fiskal yang akan datang (2020).

Seperti diketahui, tahun fiskal mendatang telah dimulai sejak 1 April 2020 hingga 31 Maret 2021 mendatang.

Senada dengan hal tersebut, Direktur Divisi Penjualan dan Pemasaran MMKSI Irwan Kuncoro, mengatakan, pasar mobil di Indonesia masih akan didominasi oleh kendaraan tujuh penumpang.

Baca juga: Mitsubishi Outlander PHEV Diaku Terlaris di Dunia

Test Drive Mitsubishi New Miragedok.KTB Test Drive Mitsubishi New Mirage

Untuk diketahui, pasar mobil Tanah Air yang tengah menurun setahun belakangan butuh penyegaran produk. Irwan berujar, salah satu strategi Mitsubishi tahun depan adalah dengan mengeluarkan mobil baru di segmen baru.

“Pasar tahun ini turun 10 persen dibanding tahun lalu, jadi salah satu strateginya tahun depan kami rencana ada produk baru, kan mestinya itu segmen baru,” katanya.

“Kalau pasar Indonesia mau enggak mau, sebagian besar MPV dan SUV 7-seater, paling besar tetap Low MPV 30 persenan. Terus setelah itu yang LCGC tapi yang 7-seater juga, itu juga besar 15 persenan,” ucap Irwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com