Laporan langsung dari Tokyo Motor Show 2019, Jepang

Moda Transportasi Mini dari Toyota untuk Masa Depan

Kompas.com - 24/10/2019, 12:12 WIB
Akio Toyoda saat memperkenalkan e-Palette awie anantaAkio Toyoda saat memperkenalkan e-Palette

Tokyo, KOMPAS.com - Toyota resmi menyuplai setidaknya 20 unit moda transportasi masa depan, e-Palette, Rabu (9/10/2019) untuk digunakan pada Olympic dan Paralympic Games Tokyo 2020.

Moda transportasi tersebut sebenarnya bukan barang baru, sebab sebelumnya Toyota sudah memperkenalkan e-Palette pada Consumer Electronics Show (CES) Januari 2018. Hanya saja saat itu masih berstatus mobil konsep.

Berbeda dengan model sebelumnya, e-Palette yang hadir di Tokyo Motor Show 2019, (23/10/2019), didesain dengan nama "Tokyo 2020 Version" yang tentunya sudah siap pakai untuk mobilitas atlet Olympic dan Paralympic.

Toyota e-Paletteawie ananta Toyota e-Palette
"Para atlet telah bekerja tanpa lelah untuk mencapai hal yang sebenarnya mustahil, dan kami ingin memberi mereka kendaraan spesial yang dirancang khusus serta dikalibrasi sebagai kendaraan penunjang mobilitas mereka selama perhelatan berlangsung. e-Palette dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan para atlet terutama peserta paralympic sesuai dengan kebutuhan mereka dan bisa berinteraksi dengan nyaman untuk melakukan mobilisasi.

Tentunya besar harapan kami mereka punya pengalaman baru dan juga ikatan emosional," kata Takahiro Muta, Development Leader Tokyo 2020 Version e-Palette, dalam keterangan resminya (9/10/2019).

e-Palette didesain menggunakan pintu geser dengan area cukup lebar sehingga memudahkan penumpang keluar masuk. Memiliki lantai yang cukup rendah dan juga ada electric ramp untuk memudahkan pengguna kursi roda.

Toyota e-Palette berikan kemudahan akses keluar masuk bagi pengguna kursi rodaToyota Toyota e-Palette berikan kemudahan akses keluar masuk bagi pengguna kursi roda

Bermodalkan sistem penggerak listrik, e-Palette juga dikendalikan tanpa keberadaan sopir alias otonomos. Moda tersebut dilengkapi dengan perangkat keras, lunak, serta sensor canggih seperti kamera dan LiDAR.

Perangkat tersebut dikolaborasikan dengan mapping 3D akurasi tingkat tinggi dan operation management system sehingga mampu bergerak dengan kecepatan rendah sesuai ketentuan SAE level 4 (standar kendaraan berpenumpang 4-15 orang dengan kecepatan rata-rata saat jalan 16 kpj dan maksimal 40 kpj).

Kendati otonomos namun segala pergerakan e-Palette tetap dimonitor bukan hanya seputar kendaraan namun area di sekitarnya. Sehingga jika diperlukan, operator mampu melakukan tindakan preventif untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Spesifikasi

  • Dimensi : panjang 5.255 mm/lebar 2.065 mm/tinggi 4.000 mm
  • Kapasitas : 20 penumpang (termasuk operator), dengan konfigiurasi 4 pengguna kursi roda dan 7 orang berdiri
  • Daya jelajah : 150 km
  • Kecepatan : 19 kpj

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X