Berapa Biaya Rekondisi Mesin Mobil?

Kompas.com - 21/10/2019, 16:42 WIB
Mesin Honda Civic Genio yang masih dalam kondisi orisinil, bersih tidak ada rembesan dan tanpa modifikasi alias standar. Kompas.com/DioMesin Honda Civic Genio yang masih dalam kondisi orisinil, bersih tidak ada rembesan dan tanpa modifikasi alias standar.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi mobil bekas di pasaran terbilang bervariasi. Ada yang masih bagus, namun banyak juga yang sudah jelek, istilahnya ‘mobil capek’. Agar tak terkecoh, calon konsumen harus melakukan pemeriksaan secara mendalam untuk mendapat unit yang bagus.

Untuk memastikan kondisi mesin mobil dalam keadaan baik, konsumen harus melakukan overhaul. Overhaul dilakukan jika terjadi masalah pada mesin, seperti keluar asap hitam, hingga muncul suara aneh dari mesin.

Menurut Apre pemilik bengkel AP Speed di Cipinang Jakarta Timur, overhaul dilakukan dengan cara membongkar mesin dan memeriksa seluruh komponennya, setelah mendapat data ditentukan langkah perbaikan selanjutnya.

Baca juga: Ini Rincian Biaya Rekondisi Kaki-kaki Mobil Bekas

Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta Selatan

Overhaul pada akhirnya juga dapat mengembalikan performa mobil lawas yang mulai loyo. Tak heran, cara ini akan membutuhkan banyak waktu dan biaya. Konsumen mobil bekas perlu mempertimbangkan overhaul, terutama jika mobil akan sering dipakai.

“Biasanya masalah ada di ring piston atau silinder pada blok mesin, bisa juga batang piston, poros engkol, sistem pengabutan dan sebagainya,” ucapnya kepada Kompas.com (21/10/2019).

Apre juga mengatakan, overhaul biasanya dilakukan kepada mobil yang usianya sudah lebih dari lima tahun. Namun banyak juga kendaraan yang sudah lima tahun, tapi belum melakukan overhaul.

Baca juga: Biaya Awal Rekondisi Mobil Bekas, Mulai Rp 1 Jutaan

Ilustrasi overhaul mesin mobilwww.easternrangesmotors.com.au Ilustrasi overhaul mesin mobil

“Kalau perawatannya selalu rutin dan rajin servis, kondisi mesin akan lebih baik. Biasanya mobil belum butuh overhaul,” katanya.

Sementara itu untuk mobil dengan usia di bawah lima tahun, Apre menyarankan untuk melakukan servis ringan. Perbaikan ini mencakup tune-up, ganti busi dan filter udara, serta pengecekan beberapa komponen seperti kampas rem, radiator, aki, oli dan sebagainya.

“Untuk mobil usia muda, cukup di-tune-up saja sudah enak lagi, itu sekitar Rp 1 jutaan sampai Rp 2 jutaan biayanya,” ujar Apre.

“Kalau sudah usia 10 tahun atau lebih, akan lebih baik sekalian overhaul. Nanti akan ketahuan komponen apa saja yang diganti, biayanya bisa mencapai Rp 10 jutaan ke atas,” ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X