Perkenalkan David Munoz, Kepala Mekanik Rossi Mulai 2020

Kompas.com - 16/10/2019, 08:42 WIB
Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, berada di garasi setelah menjalani sesi kualifikasi GP Qatar yang berlangsung di Sirkut Internasional, Losail, Sabtu (17/3/2018).
KARIM JAAFAR/AFP PHOTOPebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, berada di garasi setelah menjalani sesi kualifikasi GP Qatar yang berlangsung di Sirkut Internasional, Losail, Sabtu (17/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi sudah mengeluarkan pengumuman yang mengejutkan dengan mengganti kepala mekaniknya. Silvano Galbusera akan digantikan posisinya oleh David Munoz mulai musim 2020 mendatang.

Galbusera tidak pensiun seperti kepala mekanik Rossi sebelumnya, Jeremy Burgess. Dia akan bergeser ke tim penguji Yamaha tahun depan.

Baca juga: Rossi Pecat Kepala Mekanik Silvano Galbusera

Tak banyak yang tahu mengenai David Munoz. Pria berusia 41 tahun ini pernah membantu Francesco Bagnaia meraih gelar juara dunia Moto2 tahun lalu. Tahun ini, Munoz membantu Nicolo Bulega di Sky Racing Team VR46 sebagai kepala mekanik.

David Munoz, kepala mekanik Valentino Rossi mulai musim 2020Speedweek.com David Munoz, kepala mekanik Valentino Rossi mulai musim 2020

"Dia tidak memiliki pengalaman di MotoGP, tapi dia sangat muda dan memiliki ide-ide bagus. Saya tahu David sangat baik, saya benar-benar mengikuti Sky Racing Team VR46. Saya suka ketenangannya dan bagaimana dia menanggapi situasi," ujar Rossi, dikutip dari Speedweek.com.

Munoz sebenarnya punya beberapa pengalaman di kelas utama, meskipun bukan sebagai kepala mekanik. Dia pertama kali terjun di kelas utama tahun 1997 bersama tim Pons Honda.

Baca juga: Motor Rossi Lebih Bermasalah dari Vinales dan Quartararo

"Saat itu, pembalapnya adalah Carlos Checa dan Alberto Puig. Itulah saat saya mulai menjadi mekanik," kata Munoz, yang juga pernah membantu Jorge Lorenzo di tahun 2002.

Pengalaman pertama Munoz menjadi kepala mekanik adalah tahun 2009. Saat itu, dia membantu Raffaele De Rosa di kelas 250 cc. Tahun itu juga menjadi tahun pertama De Rosa membalap di kelas tersebut dan langsung menjadi Rookie of the Year.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X