Anti-suap, Polisi Lalu Lintas Dilengkapi Bodi Kamera

Kompas.com - 14/10/2019, 16:11 WIB
Ilustrasi body camera pada polisi Ilustrasi body camera pada polisi
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali melakukan inovasi untuk membantu kelancaran para anggotanya dalam bertugas di lapangan.

Setelah dengan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), kali ini anggota Ditlantas dilengkapi body camera yang disematkan pada seragamnya.

Kamera tersebut bukan hanya bisa merekam, tapi juga memiliki ragam fungsi lainnya karena memiliki teknologi yang diklaim cukup tinggi.

Baca juga: Tilang Elektronik di Tol dan Jalur Transjakarta Diterapkan Tahun Ini

"Lebih untuk menunjang kegiatan di lapangan para anggota, jadi seperti pengawasan. Kamera yang terpasang itu langsung terkoneksi di back office dan kameran ini akan selalu standby," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir, saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/10/2019).

Lebih lanjut Nasir menjelaskan bila body camera tersebut memiliki beberapa kelebihan. Para petugas yang mengenakan bisa memberikan informasi secara jelas soal kondisi di lapangan.

Operasi Patuh Jaya 2018 di DI Panjaitan, Jakarta Timur, Kamis (3/5/2018)Stanly Ravel Operasi Patuh Jaya 2018 di DI Panjaitan, Jakarta Timur, Kamis (3/5/2018)

Baik soal lalu lintas, atau ketika sedang melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas. Menariknya, cara kerja kemera tersebut tidak hanya merekam, tapi juga aktif secara live dengan konseksi internet.

"Body camera itu nanti secara live akan menampilkan kondisi dan situasi sampai baterainya habis. Tujuan paling utama untuk penegakan pelanggar lalu lintas, kamera tersebut bisa merekam dan memberikan bukti juga," ucap Nasir.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X