Tilang Elektronik di Tol dan Jalur Transjakarta Diterapkan Tahun Ini

Kompas.com - 14/10/2019, 10:04 WIB
Sejumlah kendaraan nekat melintasi jalur bus transjakarta di Jalan Gunung Sahari, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (9/1/2015). Rencananya dalam waktu dekat semua jalur bus transjakarta akan dipasangi kamera pengawas atau CCTV. Pemasangan itu merupakan bagian dari pelaksanaan tilang elektronik atau e-cross (electronic camera for road safety system). WARTA KOTA / ANGGA BHAGYA NUGRAHASejumlah kendaraan nekat melintasi jalur bus transjakarta di Jalan Gunung Sahari, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (9/1/2015). Rencananya dalam waktu dekat semua jalur bus transjakarta akan dipasangi kamera pengawas atau CCTV. Pemasangan itu merupakan bagian dari pelaksanaan tilang elektronik atau e-cross (electronic camera for road safety system).
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana peluncuran penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di jalan tol dan ruas koridor Transjakarta, harus tertunda karena beberapa alasan

Menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir, sampai saat ini baik PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, masih melakukan persiapan seputar teknis.

"Jadi dari tim kami sampai saat ini masih melakukan koordinasi soal persiapan, ada beberapa hal teknis yang harus dilengkapi," ucap Nasir saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/10/2019).

Baca juga: Ini Alasan Tilang Elektornik di Tol Jabotabek Tertunda

Lebih lanjut Nasir menjelaskan memang pada tahap pembicaraan awal, dijadwalkan sistem ETLE baik di tol Jabotabek atau di jalur Transjakarta akan diluncurkan pada awal Oktober.

CCTV terpasang di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.MAULANA MAHARDHIKA CCTV terpasang di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.

Namun karena ada kendala teknis seperti pengadaan CCTV yang masih kurang, serta beberapa perangkat lainnya terkait sistem operasi yang harus diupdate, membuat pelaksanaannya tertunda.

Meski demikian, dipastikan rencana penindakan penertiban lalu lintas pada kedua sektor tadi tetap akan berlangsung mulai tahun ini.

Baca juga: Baru 1 Jalur Transjakarta yang Dipasang Kamera Tilang Elektronik

Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol JabodetabekJasa Marga Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol Jabodetabek

Sementara untuk waktunya sendiri, Nasir hanya menjelaskan bila semuanya menunggu kesiapan serta kondisi dan situasi.

"Kita tunggu situasinya. Sebentar lagi kan akan ada pelantikan presiden, dan hampir semua sektor itu fokus ke sana, bahkan sampai beberapa rencana-rencana juga ditahan dulu sampai pelantikan selesai.Tahun ini tetap kita kejar, jadi kita lihat lagi pembicaraan setelah acara itu (pelantikan)," ucap Nasir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.