Sebelum Sigra, Mobil Daihatsu Tidak Pernah Ada yang Jadi Taksi

Kompas.com - 11/10/2019, 17:06 WIB
Calya dan Sigra jadi armada taksi Next Express Calya dan Sigra jadi armada taksi Next Express
|

BANDUNG, KOMPAS.com - Organisasi Angkutan Darat (organda) menyatakan, sekitar 20-50 unit Daihatsu Sigra siap dijadikan unit taksi baru untuk perusahaan Express, yakni Next.

Tapi, kabar tersebut tidak diketahui Daihatsu Indonesia, sebagaimana dikatakan Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai pembelian Sigra untuk digunakan sebagai armada taksi.

"Saya tidak tahu, mungkin sewaktu melakukan pembelian itu dilakukan secara pribadi, bukan sebagai konsumen fleet. Lalu sejauh ini kami juga hanya menjual produk dengan pelat hitam," katanya di Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/10/2019).

Baca juga: Daihatsu Tak Tahu Sigra Dibeli untuk Jadi Taksi Express

Daihatsu Sigra edisi terbatas.Ghulam/KompasOtomotif Daihatsu Sigra edisi terbatas.

Artinya, Hendrayadi menegaskan, sejauh ini Daihatsu tidak memiliki kerja sama dengan perusahaan taksi manapun karena belum pernah ada permintaan produk dengan pelat kuning.

"Sekalipun ada pembelian borongan, itu diperuntukkan sebagai angkutan operasional perusahaan. Tidak ada perusahaan taksi atau transportasi umum sejenis," katanya.

Pembelian yang dilakukan secara pribadi tersebut, lanjut Hendrayadi, membuat perusahaan taksi itu tidak mendapat benefit selaku konsumen fleet seperti, dapat pelatihan mekanik khusus, diskon sparepart dan servis, serta layanan lainnya. "Jadi seperti beli putus," ujar dia.

Baca juga: Calya Jadi Armada Taksi Express, Ini Kata Toyota

Calya dan Sigra jadi armada taksi Next Express Calya dan Sigra jadi armada taksi Next Express

Berdasarkan catatan Astra Daihatsu Motor, selama 2018 kontribusi fleet sekiar 14 persen dari total penjualan Daihatsu di kisaran 200.000 unit. Model yang paling laris secara berturut-turut ialah Xenia, pikap Gran Max, serta Gran Max model blind van.

"Peruntukannya, Xenia kebanyakan dipercaya sebagai mobil perusahaan pengangkut karyawan sedangkan pikap dan blind van Gran Max untuk angkutan logistik," kata Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Ketua Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan mengonfirmasi, Sigra akan jadi taksi baru milik Express, bersama Toyota Calya. Unit yang disediakan secara total adalah 1.000 unit dengan kontribusi terbanyak pada Calya.

Demikian, jika rencana tersebut bisa terlaksana, Sigra akan menjadi produk Daihatsu yang dijadikan armada taksi untuk pertama kalinya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X