Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Tak Tahu Sigra Dibeli untuk Jadi Taksi Express

Kompas.com - 11/10/2019, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai agen pemegang merek (APM) mengaku tidak mengetahui Daihatsu Sigra digunakan sebagai unit taksi baru untuk perusahaan Express, yakni Next.

Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra mengatakan, perusahaan belum mendapatkan laporan dari diler terhadap pembelian Sigra, untuk digunakan taksi. Menurut wanita yang akrab disapa Amel, itu merupakan program diler.

"Saya tidak tahu, ya. Tidak ada laporannya seperti itu. Kita tidak ada kerja sama," katanya di Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/10/2019).

Baca juga: Calya dan Sigra Resmi Jadi Taksi Milik Express

Calya dan Sigra jadi armada taksi Next Express Calya dan Sigra jadi armada taksi Next Express

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), pada kesempatan sama, juga memperkirakan bahwa pembelian unit dilakukan secara pribadi, bukan fleet atau borongan ke ADM.

"Sewaktu dia beli, itu pembelian pribadi bukan langsung ke ADM sebagai fleet. Saya tidak tahu akan jadi taksi," ujarnya.

Oleh sebab itu, dipastikan taksi itu tidak akan mendapat benefit selaku konsumen fleet seperti mendapat pelatihan mekanik khusus, diskon sparepart dan servis, maupun layanan lainnya.

Baca juga: 1.000 Unit Calya dan Sigra Jadi Armada Taksi Express

Daihatsu luncurkan Sigra 2019Gilang Satria/Kompas.com Daihatsu luncurkan Sigra 2019

"Kita memang punya kategori konsumen fleet yang terbagi ke beberapa tingkatan sesuai rate volume pembelian unit. Jika dalam satu tahun pembelian putus, itu tidak bisa dikategorikan sebagai konsumen fleet," kata Hendrayadi.

Meski begitu, menurut Amel apabila perusahaan itu ingin bekerjasama, ADM sebagai perusahaan dan APM Daihatsu di Indonesia, selalu memberikan peluang. "Tetapi kalau ingin kerja sama, silahkan saja," ucap Amelia.

Konfirmasi Organda DKI Jakarta

Calya dan Sigra jadi armada taksi Next Express Calya dan Sigra jadi armada taksi Next Express

Sebelumnya, Ketua Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan mengonfirmasi, Sigra akan jadi taksi baru milik Express, bersama Toyota Calya. Unit yang disediakan secara total adalah 1.000 unit.

"Betul memang nantinya akan dioperasikan sebagai unit armada taksi Express. Ada dua merek sebetulnya yang digunakan, Sigra dan Calya," kata Shafruhan saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

New Daihatsu Sigra meluncur dengan membawa revisi di bagian eksterior dan interior. KOMPAS.com/Gilang New Daihatsu Sigra meluncur dengan membawa revisi di bagian eksterior dan interior.

Nama Next sendiri merupakan bagian dari unit baru yang akan dioperasikan PT Express Trasindo Utama, yang selama ini telah menjadi perusahaan penyedia jasa taksi dengan nama Express.

Duet mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car (LCGC) tersebut digunakan setelah Express mendapatkan suntikan dana investasi dari sebuah perusahaan asal Jepang yang bergerak di bidang IT. Rencananya, unit akan digunakan sebagai kendaraan angkut penumpang di Bandara.

Model lama dari Toyota Calya dan Daihatsu SigraIstimewa Model lama dari Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

"Ini peremajaan model lama, dan paling banyak Calya, Sigranya sedikit hanya sekitar 50 unit untuk tahap pertama. Itu kebutuhan bandara kan kuat sekali," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com