Selingkuh dengan Chevy, Toyota Hardtop Ini Punya Tenaga Dahsyat

Kompas.com - 30/09/2019, 10:42 WIB
Toyota FJ Cruiser 6.000 cc IMX 2019 STANLY RAVEL-KOMPAS.comToyota FJ Cruiser 6.000 cc IMX 2019
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota FJ Cruiser garapan Pro Rock Enginering, sukses menyandang gelar The Ultimate dalam ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2019.

SUV legendaris Toyota akrab disapa Hardtop ini telah hidup sejak era 1970-an. Mobil ini pun berhasil mengalahkan empat karya modifikasi lain, yang salah satunya adalah sportcar Porsche dan Honda S2000.

Lantas apa yang membuatnya FJ Cruiser lawas ini cukup istimewa ? Padahal bila sekilas melihat tampangnya biasa saja, karena memang tampilannya benar-benar standar seperti FJ 40 yang baru selesai direstorasi.

Baca juga: Datsun GO Mooneyes Tebar Pesona di IMX 2019

Setelah ditelisik, ternyata ruang pacu FJ tak lagi "perawan". Mesin standar bawaannya telah diganti dengan milik Chevrolet LS6 yang memiliki konfiguasi V8 dengan kapasitas hingga 6.000 cc.

Toyota FJ Cruiser 6.000 cc IMX 2019STANLY RAVEL-KOMPAS.com Toyota FJ Cruiser 6.000 cc IMX 2019

Otomatis, hasil selingkuhan Toyota dengan mesin legendaris Chevrolet ini membuat porsi tenaga dari FJ terdongkrak drastis. Beradasarkan data, si bongsor FJ Cruiser racikan bengkel Solo, Jawa Tengah ini, memiliki tenaga puncak hingga 370 tk.

Tak heran bila mobil ini dijuluki sebagian orang menganut konsep sleeper. Karena di balik tampilan standar dengan kelir hijau khas FJ, bersemayam sebuah mesin beringas keluaran Amerika Serikat.

Tidak hanya itu saja, Rangga Erlangga Polnaja, selaku pemilik FJ Cruiser, juga menjelaskan bila sektor kaki-kaki sudah dirancang ulang oleh Pro Rock yang membuat jip asal Jepang ini siap tempur digunakan menjelajah medan off-road.

Toyota FJ Cruiser 6.000 cc IMX 2019STANLY RAVEL-KOMPAS.com Toyota FJ Cruiser 6.000 cc IMX 2019

"Total pengerjaan itu satu tahun lebih. Konsepnya kita ingin tampilan original dari FJ tetap dipertahankan, karena itu semua pernak-pernik eksterior dan interior masih seperti semula," ujar Rangga kepada Kompas.com di Jakarta, Minggu (29/9/2019).

"Paling sulit sebenarnya semua bagian sulit, tapi tantanganya itu justru bagaimana memasukan mesin lain ke dalam ruang mesin FJ tanpa harus mengubah struktur standar dari desain FJ. Ini paling berat setelah pembenahan di sektor kaki-kaki," kata dia.

Baca juga: Suzuki Bawa Carry Gaul di IMX 2019

Toyota FJ Cruiser 6.000 cc IMX 2019STANLY RAVEL-KOMPAS.com Toyota FJ Cruiser 6.000 cc IMX 2019

Ketika ditanya alasannya kenapa memilih modifikasi Toyota FJ Cruiser, Rangga menjelaskan bila mobil ini punya ciri khas sendiri yang sangat kental dengan kultur Indonesia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X