Mobil Pertama di Dunia Ada di Concours d'Elegance, Jakarta

Kompas.com - 22/09/2019, 10:36 WIB
Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours dElegance. Kompas.com/DonnyMobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours dElegance.

JAKARTA, KOMPAS.com - Concours d'Elegance tidak hanya menghadirkan puluhan mobil klasik yang langka dan eksotis. Di ajang ini juga dipamerkan mobil pertama yang diproduksi di dunia, yaitu Benz Patent-Motorwagen.

Mobil ini sudah dibekali dengan mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya.

Pertama kali diproduksi tahun 1885. Namun, sang peciptanya, Karl Benz, baru mengajukan patennya pada 29 Januari 1886.

Baca juga: Deretan Mobil Klasik di Concours d’Elegance

Benz Patent-Motorwagen menggunakan mesin berkapasitas 954 cc, satu silinder, 4-tak. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 75 dk pada 400 rpm.

Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours dElegance.Kompas.com/Donny Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours dElegance.

Mobil aslinya pertama kali direstorasi tahun 1906 dan didonasikan ke Museum Deutsches di Munich, Jerman.

Baca juga: Concours d’Elegance Pertama di Indonesia Sukses Digelar

Mobil ini yang menjadi cikal bakal lahirnya Mercedes-Benz ke dunia. Merek Mercedes-Benz sendiri baru dipakai pada tahun 1926 setelah adanya merger antara perusahaan Benz dengan Daimler menjadi perusahaan Daimler-Benz.

Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours dElegance.Kompas.com/Donny Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours dElegance.

Sekarang, Mercedes-Benz dikenal sebagai produsen mobil-mobil berkelas premium dan juga mobil-mobil kencang. Mercedes-Benz juga menjadi pabrikan yang diperhitungkan di ajang balap Formula 1.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X