Pembagian Produksi Calya-Sigra Tergantung Permintaan Pasar

Kompas.com - 18/09/2019, 16:06 WIB
Daihatsu Sigra facelift meluncur dengan membawa beberapa perubahan. KOMPAS.com/GilangDaihatsu Sigra facelift meluncur dengan membawa beberapa perubahan.

TANGERANG, KOMPAS.com - Terlahir sebagai produk kembar, New Toyota Calya dan New Daihatsu Sigra diproduksi di tempat yang sama, yaitu pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM), di Karawang, Jawa Barat.

Meski untuk kapasitas produksi, Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, tidak ada patokan khusus. Semua tergantung pada permintaan pasar, itu yang akan diproduksi.

Baca juga: Simak Perbedaan Desain Interior dan Fitur Calya-Sigra Facelift 2019

"Sesuai permintaan, kalau permintaan Calya lebih tinggi dikasih ke Calya, terserah masyarakat yang milih. Karena pada dasarnya pabrik di Karawang tidak ada masalah, jadi mengikuti permintaan saja," kata Amelia saat peluncuran Sigra.

Toyota Calya Facelift 2019 Toyota Calya Facelift 2019

Amelia mengatakan, model Toyota apa yang akan diproduksi oleh Daihatsu sudah ditentukan prinsipal. Sebab Daihatsu merupakan bagian dari Toyota Grup. Pembagian pun bukan hanya di Indonesia tapi dunia.

"Karena satu grup kita harus atur (produksinya). Itu berlaku seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia. Seluruh dunia pasti diatur supaya seluruh pabrik grup Toyota bisa efisien," kata Amelia.

Baca juga: Calya Termurah Tanpa ABS, Siapa Konsumennya?

Mengutip data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama Januari-Juli 2019, Sigra terkirim sebanyak 29.98 unit. Lebih besar dari kembarannya Calya yang terkirim sebesar 27.055 unit.

Hendrayadi Lastiyoso, Division Head Marketing & CR PT AI-DSO, mengatakan, bisa demikian karena Sigra berada di segmen MPV kelas bahwa yakni LCGC, yang mana pasarnya sangat besar dan harganya bersaing.

"Jadi memang kalau kalau kita lihat Astra Daihatsu Sigra, kalau dibandingkan dengan kolaborasi Toyota memiliki keunggulan, perbedaannya sedikit sekali. Kalau yang lain cukup jauh," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X