Per Belakang Calya dan Sigra Sudah Tidak Amblas Sejak 2018

Kompas.com - 16/09/2019, 16:06 WIB
Toyota Calya dipamerkan saat acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016,di Indonesia Convention Exibition (ICE) BSD City Tangerang, Kamis (11/8/2016). Pameran otomotif international ini berlangsung pada tanggal 11 Agustus 2016 hingga 21 Agustus 2016. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIToyota Calya dipamerkan saat acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016,di Indonesia Convention Exibition (ICE) BSD City Tangerang, Kamis (11/8/2016). Pameran otomotif international ini berlangsung pada tanggal 11 Agustus 2016 hingga 21 Agustus 2016.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Waktu awal peluncurannya, duet Low Cost Green Car (LCGC) tujuh penumpang Calya Sigra punya kekurangan yang sama. Yaitu per belakang ambles, terutama jika dimuati penuh oleh penumpang.

Para pemilik mobil ini biasanya menyiasatinya dengan mengganti ulir per belakang dengan kepunyaan mobil lain, atau menggunakan versi aftermarket yang banyak beredar di pasaran.

“Harus ganti yang lebih keras agar tidak ambles, efeknya mobil jadi lebih enak saat dipakai penuh. Tapi kekurangannya jadi tidak nyaman saja kalau sendirian,” ujar Agung Cahyana, Humas Calya Sigra Club (Calsic) kepada Kompas.com (16/9/2019).

Baca juga: Harga Naik, Berikut Detail Ubahan Calya Facelift

Per belakang Calya - Sigra terkenal ambles saat dimuati penuh penumpangGridOto.com/Agung Per belakang Calya - Sigra terkenal ambles saat dimuati penuh penumpang

Meski begitu, gejala per belakang ambles menurutnya hanya terjadi pada Calya dan Sigra keluaran awal.

Sementara pada model keluaran tahun 2018 ke atas disebut ada improvement, yang membuat gejala ambles tak ditemukan lagi.

“Dari hasil percobaan kami di komunitas, ternyata ada perbedaan per Calya Sigra model year 2018 dibandingkan model-model sebelumnya. Per-nya lebih panjang satu ulir, tapi sokbreker masih sama,” jelasnya.

Agung mengatakan, hal ini berimbas pada lebih stabilnya suspensi belakang ketika membawa tujuh penumpang dewasa. Alhasil gejala ambles sudah tak ia temukan, khususnya pada Calya Sigra keluaran baru.

“Sudah tidak ambles, tapi memang lebih keras terutama waktu dipakai sendiri,” katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X