Daftar Harga Calya-Sigra dari Tahun ke Tahun

Kompas.com - 16/09/2019, 10:22 WIB
Model lama dari Toyota Calya dan Daihatsu Sigra IstimewaModel lama dari Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Sigra dan Toyota Calya merupakan mobil yang terlahir dari hasil kolaborasi antara Daihatsu dengan Toyota di Indonesia. Model itu hadir untuk merespons kebijakan kendaraan bermotor hemat dan harga terjangkau (KBH2) atau lebih populer dengan sebutan low cost green car (LCGC).

Sejak awal kemunculannya pada Agustus 2016, mobil murah itu telah mendapat berbagai tanggapan, khususnya pada banderol yang diberikan karena diklaim tak sesuai amanat Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau.

Pada ketentuan teknis aturan tersebut dinyatakan bahwa besaran harga jual LCGC paling tinggi Rp 95 juta, berdasarkan lokasi kantor pusat Agen Pemegang Merek. Tetapi, banderol itu bisa berubah, tergantung indikator ekonomi dan teknologi yang diterapkannya.

Baca juga: Bocoran Harga Toyota Calya Facelift, Naik Rp 3 Jutaan

Foto Calya terbaru beredar di dunia mayaKompas.com Foto Calya terbaru beredar di dunia maya

"Untuk penyesuaian harga berdasarkan penggunaan teknologi transmisi otomatis maksimum sebesar 15%, sedangkan untuk penggunaan teknologi pengaman penumpang maksimum sebesar 10%.”

Demikian, setidaknya harga tertinggi LCGC di pasaran adalah Rp 120 juta.

Sedangkan Sigra, pada awal kemunculan dibanderol mulai Rp 106 juta hingga Rp 147 juta. Sementara Calya Rp 129 juta sampai Rp 150 juta. Harga tersebut terus mengalami kenaikan setiap tahun, karena ada penyesuaian BBN (Bea Baik Nama) dan didukung faktor lainnya.

Baca juga: Bocoran Foto Daihatsu Sigra Facelift

Daihatsu Sigra Facelift Daihatsu Sigra Facelift

Sehingga pada 2017, banderol Sigra varian terendah menjadi Rp 108,9 juta sedangkan yang paling mahal Rp 149,6 juta. Sementara Calya dihargai mulai Rp 135 juta sampai Rp 152,6 juta.

Kenaikan terus berlanjut pada 2018, yang menjadikan harga Sigra terkerek sekitar Rp 111 jutaan sampai Rp 152 jutaan sedangkan Calya Rp 137 jutaan hingga Rp 154,7 jutaan.

Tahun ini, mobil murah tujuh penumpang itu juga mengalami kenaikan, meski tak terlalu tinggi. Per September 2019, Sigra dibanderol mulai dari 114 jutaan sampai Rp 154,7 jutaan sedangkan Calya Rp 138,8 jutaan sampai Rp 156,4 jutaan.

Berikut daftar harga lengkap Sigra-Calya dari 2016 sampai 2019:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X