Pesan Gaikindo Agar Esemka Langgeng di Indonesia

Kompas.com - 13/09/2019, 16:29 WIB
Pabrik Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, Jawa Tengah StanlyPabrik Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, Jawa Tengah
|

MAKASSAR, KOMPAS.com - Banyak hal yang harus disiapkan PT Solo Manufaktur Kreasi supaya produknya, Esemka, bisa eksis di Indonesia.

Selain meningkatkan lokal konten atau Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan menekan harga jual produk, pabrikan harus menyiapkan layanan purna jual yang jelas di beberapa titik wilayah prioritasnya. Terlebih, mobil yang ditawarkan adalah niaga ringan.

Itulah yang dikatakan Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) Yohannes Nangoi saat ditemui di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (11/9/2019).

Baca juga: Esemka Mirip dengan Mobil China, Gaikindo Anggap Wajar

Pekerja merakit mobil pick up di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk mulai beroperasi memproduksi mobil. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho Pekerja merakit mobil pick up di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk mulai beroperasi memproduksi mobil. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.

"Lalu, supaya bisa survive di industri otomotif, kualitas produk juga harus selalu dijaga dan mulai membangun jaringan penjualan. Saya percaya, mereka sudah memikirkan hal tersebut dengan baik," katanya.

Keterbukaan industri terhadap masyarakat Indonesia juga dinilai perlu. Hanya saja memang saat ini kondisinya belum menguntungkan untuk Esemka melakukan hal tersebut.

Selanjutnya, pabrikan harus memikirkan langkah panjang yakni kemungkinan ekspor mobil ke berbagai negara khususnya di wilayah Asia Tenggara.

"Mudah-mudahan, dengan terusnya ditingkatkan TKDN Esemka, mobil bisa diekspor. Jadi tujuan untuk mensejahterakan masyarakat dan meningkatkan devisa negara tercapai," kata Nangoi.

Baca juga: Kemenperin Ungkap Strategi Esemka Untuk Tingkatkan TKDN

Tes Drive Esemka Bima 1.3 Tes Drive Esemka Bima 1.3

Nangoi juga berharap Esemka mau masuk Gaikindo supaya dapat berjuang bersama di tanah air menuju ekosistem industri otomotif yang sehat.

Baca juga: Belasan IKM Siap Pasok Komponen Esemka

"Kita sangat berharap Esemka dapat berkerja sama dengan Gaikindo untuk memperkuat industri otomotif Indonesia. Kita bisa saling mengisi, dan akses untuk menuju industri komponen lainnya pun terbuka lebar," katanya.

"Sampai saat ini, belum ada pembicaraan Esemka bergabung Gaikindo. Saya mengerti karena sekarang mereka sedang sibuk sekali untuk set up industrinya. Tapi buat kami, yang terpenting adalah industrinya dilakukan di Indonesia," ucap Nangoi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X