Toyota Pertanyakan PPnBM dan Insentif Produksi Mobil Listrik

Kompas.com - 16/08/2019, 07:52 WIB
Toyota Prius PHEV di GIIAS 2018 KOMPAS.com / Aditya MaulanaToyota Prius PHEV di GIIAS 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Toyota Astra Motor (TAM) telah melihat isi Perpres Nomor 55 Tahun 2019, tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Namun, menurut Toyota, Perpres yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 8 Agustus 2019 lalu ini masih bicara garis besar. Sehingga Toyota masih menunggu peraturan lainnya.

Baca juga: Perpres Kendaraan Listrik, Produsen Wajib Punya Pabrik di Indonesia

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing TAM, mengatakan, pihaknya masih menunggu peraturan turunan dari Perpres Nomor 55 Tahun 2019 itu nanti seperti apa, sebab dikatakan baru bicara garis besar.

"Belum detil apakah ada insentif, apakah ada peraturan baru mengenai produksinya baik dari sisi asemmbly mobilnya, apakah CKD, kemudian masalah baterainya juga. Kita bisa dibilang sedang menunggu tapi juga ingin menyampaikan apa posibility-nya," kata Anton kepada Kompas.com, Kamis (15/8/2019).

Toyota Prius di GIIAS 2019 Toyota Prius di GIIAS 2019

Adapun Perpres Nomor 55 Tahun 2019 mengatur mengenai insentif pada Bab III yaitu Pasal 17 dan Pasal 19 yang mengatur pemberian insentif baik fiskal maupun non fiskal.

Baca juga: Ini Penyebutan Mobil dan Motor Listrik di Perpres Kendaraan Listrik

Anton mengatakan, saat ini pihaknya menunggu dua rincian dari regulasi yang baru keluar itu. Pertama yaitu mengenai PPnBM atau Pajak Pertambahan atas Barang Mewah, dan kedua insentif apa yang diberikan pemerintah untuk masalah produksi.

"Pertama PPnBM, kedua apasih insentif dan support dari pemerintah untuk masalah produksi. Supaya nanti klop, karena bukan hanya masalah produksi, tapi harganya, biayanya, cost, kemudian apakah bisa diekspor atau tidak," kata Anton.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X