Hyundai Ingin Buat Pabrik di Indonesia, Bagaimana Kia?

Kompas.com - 31/07/2019, 10:02 WIB
Kia Mobil Indonesia menggelar lomba irit untuk Picanto Club Indonesia. Indra PrabowoKia Mobil Indonesia menggelar lomba irit untuk Picanto Club Indonesia.

TANGERANG, KOMPAS.com - Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) Yohannes Nangoi, mengatakan, Hyundai Motor Company (HMC) sudah positif untuk menanamkan investasi dalam jumlah besar di Indonesia.

Bahkan rencananya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan pergi ke Korea Selatan untuk membahas lebih lanjut tentang investasi tersebut.

"Rencananya Oktober atau November. Akan tanda tangan atau apa. Tapi kelihatannya sudah positif (Hyundai masuk Indonesia)," katanya ditemui di GIIAS 2019, Tangerang, pekan lalu.

Lantas bagaimana dengan Kia? Meski juga berasal dari Korea Selatan, ditegaskan bahwa investasi HMC untuk membuat pabrik di Indonesia hanya akan memproduksi mobil merek Hyundai.

"Tidak termasuk Kia, karena Kia sudah di bawah Indomobil Group," kata Nangoi.

Baca juga: Dua Merek Otomotif Baru Ingin Masuk Indonesia

Namun, Nangoi membocorkan sedikit informasi tentang adanya kemungkinan Kia bakal mengeluarkan investasi baru di Indonesia.

"Harusnya ada investasi lagi, kita lihat saja. Sebab pihak Indomobil juga belum memberikan pengumuman. Saya tidak punya wewenang untuk menyampaikan informasi ini, tunggu saja," ucapnya.

Perlu diketahui, keagenan Kia kini sudah tidak lagi di bawah Kia Mobil Indonesia ( KIA) setelah diakuisisi PT Indomobil Sukses International Tbk melalui perusahaan patungan baru bersama PT Kusuma Ekajaya, PT Kreta Indo Artha.

Maka, Kia di Indonesia akan berada satu grup dengan Suzuki, Nissan, VW, Hino, dan Audi. Sedangkan direksi baru Kia sendiri rencananya bakal diumumkan pada September 2019 mendatang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X