Kupas 10 Fitur Unggulan Kawasaki Versys 1000 di GIIAS 2019

Kompas.com - 21/07/2019, 15:02 WIB
Kawasaki Versys 1000 KOMPAS.com/Ruly Kawasaki Versys 1000

TANGERANG, KOMPAS.com - Kawasaki memboyong New Versys 1000 ke Gaikindo Indonesia International Auto Show ( GIIAS) 2019. Motor petualang ini dibanderol Rp 360 juta untuk perpajakan DKI Jakarta.

Menelisik desain Versys 1000 kini lebih sporty ketimbang pendahulunya. Salah satunya dapat dilihat dari bentuk lampu depan yang mengadopsi bahasa desain Kawasaki terkini yang juga dipakai di Ninja 250.

Baca juga: Kawasaki W800 Cafe Meluncur di GIIAS 2019, Harganya Bikin Terkejut

1. Mesin
Mesin 4-silinder segaris berkapasitas 1,043 cc diklaim memiliki tarikan yang lebih responsif dan torsi yang kuat di setiap rentang putaran mesin terutama pada bagian bwah dan menengah.

Bisa demikian lantaran Kawasaki mengubah mapping pada Electronic Throttle Valve dengan penambahan Electronic Cruise Control. Diklaim menghasilkan tenaga yang besar tapi tetap halus.

Kawasaki Versys 1000 KOMPAS.com/Ruly Kawasaki Versys 1000

2. Electronic Throttle Valve
Fitur Electronic Throttle Valve yang terdapat pada motor ini membuat ECU dapat mengendalikan jumlah bensin yang dikirim ke mesin, baik via fuel injector maupun via throttle valve.

Posisi fuel Injection dan throttle valve yang ideal membuat respons mesin menjadi halus dan natural dan engine output yang ideal.

3. Kaliper Cakram Radial
Cakram depan berukuran 310 mm dijepit dengan kaliper yang di-posting dengan posisi radial (sejajar). Posisi radial sering diaplikasi pada motor gede karena dianggap lebih baik dalam pengereman.

Kawasaki Versys 1000 KOMPAS.com/Ruly Kawasaki Versys 1000

4. Kawasaki Cornering Management Function
Inertial Measurement Unit (IMU) merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk memantau dan mengatur beberapa komponen agar lebih efisien.

Di Versys 1000 ini, Kawasaki menggunakan IMU yang disebut sebagai Kawasaki Cornering Management Function (KCMF). Software ini merupakan evolusi terakhir buatan Bosch.

KCMF memonitor parameter mesin dan sasis saat melewati tikungan mulai dari sudut masuk entry, apex, hingga jalur keluar. KMCF akan mengatur kekuatan rem dan kekuatan mesin untuk memudahkan transisi yang halus dari akselerasi ke pengereman, lalu ke akselerasi lagi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X