GIIAS 2019 Sodorkan Hasil Ekspor Otomotif yang Naik

Kompas.com - 18/07/2019, 12:39 WIB
Ekspor Toyota dari Indonesia sudah berjalan selama 30 tahun, jumlah unit yang diekspor sudah menapai 1 juta unit. TMMINEkspor Toyota dari Indonesia sudah berjalan selama 30 tahun, jumlah unit yang diekspor sudah menapai 1 juta unit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif nasional GIIAS 2019 resmi dibuka Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019). Pameran tahunan tersebut akan berlangsung mulai 18 hingga 28 Juli mendatang.

GIIAS diklaim menjadi penanda sektor industri otomotif yang terus bertumbuh. Salah satu bukti adalah data ekspor yang meningkat 14,4 persen, pencapaian yang mecatatkan angka tertinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Namun, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan capaian ekspor tersebut masih kalah dengan Thailand. Untuk itu perlu ada dukungan berbagai pihak meningkatkan pasar ekspor.

"Dalam mendukung industri ekspor kita perlu pembangunan manufaktur. Kita masih tertinggal dari Thailand. Tentu kita perlu kerjasama dengan berbagai pihak agar lebih menguntungkan karena industri otomotif dinamis," ucap Jusuf Kalla dalam sambutannya.

Baca juga: GIIAS 2019 Dibuka dengan Target Ekspor

 

Jusuf Kalla menjajal kabin MPV Hybrid Daihatsu di GIIAS 2019Stanly Ravel/Kompas.com Jusuf Kalla menjajal kabin MPV Hybrid Daihatsu di GIIAS 2019

Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi mengungkapkan pihaknya bersyukur dalam penyelenggaraan GIIAS ke 27, pameran ini masih ditunggu dan menjadi barometer industri otomotif Tanah Air. Mengenai capaian ekspor industri otomotif saat ini telah semakin baik.

Salah satunya terlihat dari jumlah produk impor yang masuk sekitar 90.000 unit, menurun dari tahun sebelumnya.

"Catatan lainnya ekspor kendaraan Indonesia dikirim ke 80 negara di seluruh dunia. Seperti Amerika, Asean, Asia, Afrika bahkan Jepang," ucap Nangoi.

Nangoi mengungkapkan tahun ini, industri otomotif menargetkan ekspor 300.000 unit ke berbagai negara. Target tersebut diharapkan tercapai dengan dukungan berbagai pihak.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X