Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Lebih Dekat Teknologi Perintah Suara Wuling Almaz

Kompas.com - 12/07/2019, 15:24 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors sudah menyematkan teknologi terkini pada mobil terbaru mereka, yakni Almaz. Pada varian terbaru dari Almaz ini, sudah ada fitur perintah suara yang dapat mengoperasikan berbagai perlengkapan yang ada di mobil.

Teknologi ini mereka sebut dengan WIND (Wuling Indonesian Command). Perintah suara interaktif ini memungkinkan pengguna menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan berbagai perlengkapan, seperti telepon, fitur hiburan, aplikasi, dan lainnya.

Baca juga: Pencapaian Wuling Selama Dua Tahun di Indonesia

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, menjelaskan, untuk mengaktifkan fitur WIND, pengguna bisa mengucapkan Wake Up Word, yaitu "Halo Wuling." Nantinya, WIND akan membalas sapaan ini dengan "Halo" juga, barulah WIND bisa digunakan.

"Fitur WIND juga bisa diaktifkan dengan cara lain selain mengucapkan 'Halo Wuling." Ada dua cara yang lain. Pertama, dengan menekan tombol di setir. Kedua, menekan tombol yang ada di layar sentuh," ujar Danang, saat mempresentasikan teknologi WIND di acara ulang tahun ke-2 Wuling di Indonesia, yang digelar di Ancol, Kamis, (11/7/2019).

Baca juga: Mobil Baru Wuling, Ternyata Varian Almaz

Sesuai namanya, Wuling Indonesian Command, fitur ini hanya bisa digunakan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Danang mengatakan, Wuling hanya mengembangkan versi bahasa Indonesia. "Namun, tidak menutup kemungkinan kami mengembangkannya dengan bahasa lain, tapi yang jelas tidak sekarang," kata Danang.

Almaz dengan konfigurasi 7-seater dan teknologi WIND ini sementara baru diperkenalkan saja. Untuk peluncuran dan informasi harganya sendiri baru akan diumumkan pada ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com